Septiana, Dwi Pita (2016) Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran menangani surat/dokumen kantor (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar) / Dwi Pita Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Septiana Dwi Pita. 2016. Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Smk Negeri 2 Blitar). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wasiti S. Sos M.Si (2) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M Kata Kunci Simulasi dan hasil belajar Metode simulasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di kelas dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas. Dalam pembelajaran ini siswa dapat berperan aktif dan dapat mengetahui secara langsung bagaimana aplikasi dari standar kompetensi mendistribusikan surat/dokumen kantor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mendistribusikan surat. Ada tiga hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu 1) penerapan metode simulasi 2) aktivitas belajar siswa 3) hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Blitar. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 26 orang. Metode simulasi terdiri dari 8 tahapan yaitu (a) menetapkan masalah simulasi (b) memberikan gambaran masalah (c) membentuk kelompok simulasi (d) memberi kesempatan siswa untuk bertanya (e) bersimulasi (f) menghentikan simulasi pada saat puncak (g) melakukan diskusi tentang jalannya simulasi serta materi yang disimulasikan (h) memberikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut 1) penerapan metode simulasi dilaksanakan pada dua siklus dan berjalan dengan baik. 2) penerapan metode simulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 63 2% meningkat menjadi 78 3% 3) penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siklus I sebesar 72 8 dan pada siklus II sebesar 79 2. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi guru penerapan metode simulasi ditentukan oleh sejumlah siswa dalam satu kelas. Jumlah siswa yang lebih kecil dibawah 30 orang akan lebih mudah didalam pengontrolan dan pengawasan pada saat bersimulasi. (2) bagi siswa dapat melatih berfikir kritis pada saat berdiskusi berani mengungkapkan pendapat pada saat berdiskusi dan dapat meningkatkan aktivitasnya ketika proses pembelajaran berlangsung. (3) bagi peneliti selanjutnya lebih memahami metode simulasi sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |