Mengoptimalkan Internalisasi Nilai Melalui Pendekatan Integratif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengoptimalkan Internalisasi Nilai Melalui Pendekatan Integratif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi

Kholidah, Lilik Nur (2012) Mengoptimalkan Internalisasi Nilai Melalui Pendekatan Integratif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Pendidikan Nilai (1). pp. 79-89. ISSN 0853-8158

[img] Text
fullteks.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Penguatan pendidikan nilai dalam konteks era teknologi informasi saat ini sangat relcvan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di negara Indonesia. Perguruan tinggi perlu melakukan pengembangan proses pcndidikan dan pembelajaran yang optimal sesuai dengan misinya, yakni menjadi pengawal nilai-nilai moral yang menjaga martabat manusia dan masyarakat. Pendckatan integratif merupakan tuntutan logis dari pembelajaran nilai di era global. Melalui penerapan pendekatan integratif dalam pembelajaran nilai agama Islam di Perguruan Tinggi diharapkan terwujudnya misi hominisasi pendidikan, yakni mengarahkan mahasiswa sebagai makhluk yang mcmiliki keserasian dengan habitat ekologinya dan misi humanisasi pendidikan, yakni mengarahkan mahasiswa untuk hidup sesuai dengan kaidah moral. Kata-kata Kunci : internalisasi nilai, pendekatan integratif, pembelajaran agama Islam, perguruan tinggi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Laporan Karya Ilmiah FS
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 22 May 2023 06:24
Last Modified: 22 May 2023 06:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item