Kholidah, Lilik Nur (2012) Mengoptimalkan Internalisasi Nilai Melalui Pendekatan Integratif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Pendidikan Nilai (1). pp. 79-89. ISSN 0853-8158
Text
fullteks.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abstrak: Penguatan pendidikan nilai dalam konteks era teknologi informasi saat ini sangat relcvan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di negara Indonesia. Perguruan tinggi perlu melakukan pengembangan proses pcndidikan dan pembelajaran yang optimal sesuai dengan misinya, yakni menjadi pengawal nilai-nilai moral yang menjaga martabat manusia dan masyarakat. Pendckatan integratif merupakan tuntutan logis dari pembelajaran nilai di era global. Melalui penerapan pendekatan integratif dalam pembelajaran nilai agama Islam di Perguruan Tinggi diharapkan terwujudnya misi hominisasi pendidikan, yakni mengarahkan mahasiswa sebagai makhluk yang mcmiliki keserasian dengan habitat ekologinya dan misi humanisasi pendidikan, yakni mengarahkan mahasiswa untuk hidup sesuai dengan kaidah moral. Kata-kata Kunci : internalisasi nilai, pendekatan integratif, pembelajaran agama Islam, perguruan tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Laporan Karya Ilmiah FS |
Depositing User: | Library UM |
Date Deposited: | 22 May 2023 06:24 |
Last Modified: | 22 May 2023 06:24 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2909 |
Actions (login required)
View Item |