Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan mutimedia pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kab - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan mutimedia pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kab

Fitriani, Ida (2016) Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan mutimedia pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani I. 2016. Implementasi Pembelajaran Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Multimedia pada Mata Pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Gatot Isnani M.Si (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci metode demonstrasi multimedia aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan ketua program keahlian Administrasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa guru menggunakan metode ceramah metode tanya jawab metode penugasan dan metode diskusi dalam proses belajar mengajar. Informasi lainnya adalah siswa kurangberpartisipasi aktif dalam mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu fasilitas belajar belum tersedia secara memadai dalam mendukung proses pembelajaran di kelas.Proses pembelajaran tidak hanya kegiatan memberikan informasi tetapi perlu didukung adanya kegiatan memperagakan dan memberikan kesempatan siswa untuk melakukan unjuk kerja secara langsung agar dapat meningkatkan kompetensi siswa. Indikator pencapaian pada kompetensi dasar Melakukan Penggandaan Dokumen ialah siswa dapat melakukan penggandaan dokumen dan penjilidan sesuai dengan spesifikasinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimedia pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen. (2) Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen. (3) Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI APK Reguler SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data penelitian ini melalui (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi dan (4) tes. Uji coba soal posttest dilakukan melalui (1) uji coba taraf kesukaran dan (2) uji coba daya pembeda. Analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan mencakup 4 tahapan utama yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimedia dapat berjalan lancar dan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Pada implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimediaaktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15 85% dengan persentase keberhasilan sebesar 70 28% pada siklus I dan sebesar 86 13% pada siklus II. (3) Pada implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimedia hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 58 48% dengan persentase keberhasilan 34 62% pada siklus I dan 93 10% pada siklus II untuk aspek afektif mengalami peningkatan sebesar 26 88% dengan persentase keberhasilan 56 05% pada siklus I dan 82 93% pada siklus II dan aspek psikomotormengalami peningkatan sebesar 11 15% dengan persentase keberhasilan 83 33% pada siklus I dan 94 48% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini yaitu (1) implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimedia dapat dilaksanakan sesuai RPP dan berjalan dengan lancar. (2) Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3) Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yaitu (1) siswa disarankan lebih tertib ketika guru menjelaskan materi dan memperhatikan teman yang sedang bertanya maupun berpendapat. (2) bagi guru mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen metode demonstrasi dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang bervariasi. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan sebelum melaksanakan tindakan sebaiknya memastikan kelas maupun perlengkapan (LCD projector) yang akan digunakan membuat perjanjian dengan siswa untuk tidak ramai dan tidak menggunakan alat komunikasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item View Item