Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Malang / Lelyana Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Malang / Lelyana Larasati

Larasati, Lelyana (2016) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Malang / Lelyana Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasati Lelyana. 2016. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan M.Si Grad Dip MGT. M.Bus. (II) Elfia Nora S.E. M.Si. Kata Kunci kegiatan ekstrakurikuler kebiasaan belajar prestasi belajar Sekolah adalah lembaga formal yang harus ditempuh peserta didik dalam menempuh pendidikan. Dalam pembinaan peserta didik di sekolah banyak wadah atau program yang dijalankan demi memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan atau kemampuan selain kegiatan belajar didalam kelas serta menunjang proses pendidikan yang kemudian atas prakarsa sendiri dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan kearah pengetahuan yang lebih maju. Salah satu wadah pembinaan peserta didik di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler.Akan tetapi keaktifan peserta didik dalam mengikuti organisasi di sekolah cukup menyita waktu istirahat.Akibatnya peserta didik menjadi kurang pandai dalam membagi waktu antara ekstrakurikuler dengan belajarnya serta kurangnya konsentrasi peserta didik dalam menerima pelajaran. Selain kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan sebagai upaya pengembangan potensi minat dan bakat peserta didik kebiasaan belajar juga sangat penting bagi peserta didik untuk lebih meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajarpeserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Malang dan (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Malang tahun 2015/2016 dengan sampel penelitian sebanyak 155 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMK PGRI 2 Malang dan (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMK PGRI 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada beberapa saran bagi peserta didik yaitu (1) pada variabel kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik yang dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kurang bisa meningkatkan konsentrasi belajar dikarenakan aktifnya mereka dalam kegiatan ekstrakurikuler maka dapat diselesaikan dengan bertanya pada teman sekelas mereka agar dapat mengejar ketertinggalan materi dan (2) pada variabel kebiasaan belajar peserta didik diharapkan tidak memilih teman dalam hal belajar kelompok melakukan pengulangan dalam membaca buku dan menjawab soal ujian dengan kemampuan sendiri yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29088

Actions (login required)

View Item View Item