Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK Reguler di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Lailatul Mokaromah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK Reguler di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Lailatul Mokaromah

Mokaromah, Lailatul (2016) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK Reguler di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Lailatul Mokaromah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mokaromah Lailatul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X APK Reguler di SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci Mind Mapping aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa masalah yang muncul di kelas X APK Reguler SMK Cendika Bangsa Kepanjen adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa kurang bersemangat dan bosan dengan cara mengajar guru yang menggunakan model ceramah praktik dan penugasan. Model pembelajaran mind mappingmerupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mereka. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengetahui keberhasilan menggunakan teknik tes yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta teknik observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan aktivitas guru. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dimana 1 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan tiap siklus memiliki tahapan perencanaan tahapan pelaksanaan tahapan observasi dan tahapan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mappingmampu menjadikan siswa aktif dan membantu siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Hal tersebut terbukti pada nilai aktivitas belajar yang diamati oleh 2 observer. Nilai rata-rata kelas aktivitas belajar siswa sebelum diberi tindakan hanya 56 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 57 setelah adanya penerapan model pembelajaran mind mapping. Pada siklusII nilai rata-rata kelas aktivitas belajar juga mengalami peningkatan dibandingkan siklusI menjadi 93.Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kelas dari guru adalah 74 kemudian pada nilai rata-rata kelas post test I adalah 77. Pada post test II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83 dibanding dengan nilai rata-rata post test I. Saran untuk guru agar mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran mind mappingdalam proses belajar mengajar di kelas sebagai variasi dalam kegiatan pembelajaran dengan harapan mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Menggunakan model pembelajaran mind mapping juga harus berdasarkan kriteria materi yang akan dibahas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29085

Actions (login required)

View Item View Item