Pengaruh pendidikan katrakter dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dhara Ayu Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan katrakter dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dhara Ayu Puspita Sari

Sari, Dhara Ayu Puspita (2016) Pengaruh pendidikan katrakter dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dhara Ayu Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari D. A. P. 2016. Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. Kata kunci pendidikan karakter kebiasaan belajar prestasi belajar Rendahnya moral bangsa merupakan pemicu utama diperlukannya pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang terdiri dari 18 nilai karakter dianggap mampu memperbaiki perilaku menyimpang yang dilakukan oleh generasi muda khususnya dikalangan pelajar.Nilai-nilai karakter yang telah tertanam dengan baik akan memunculkan kebiasaan yang baik pula salah satunya adalah kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar merupakan cara belajar yang dilakukan secara berulang-ulang hingga bersifat menetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi pendidikan karakter deskripsi kebiasaan belajar dan deskripsi prestasi belajar (2)Pengaruh pendidikan karakter dan kebiasaan belajar secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Variabel bebas pendidikan karakter (X1) dan kebiasaan belajar (X2).Variabel terikat prestasi belajar siswa (Y). Populasi 206 siswa sampel 131 siswa. Tekniksampling proportional random sampling. Proportional dimaksudkanterhadap jumlah populasi masing-masing kelas. Random sampling dilakukandengan cara undian yang didasarkan pada absensi siswa. Skala pengukuran data skala Likert dengan 5 opsiyaitu Selalu diberi skor 5 Sering diberi skor 4 Kadang-Kadang diberi skor 3 Hampir Tidak Pernah diberi skor 2 dan Tidak Pernah diberi skor 1. Teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Uji kelayakan instrumen uji validitas dan uji reliabilitas. Uji kelayakan model dilakukan tiga uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas (2) Uji multikolinearitas (3) Uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis uji t dan uji F. Hasil analisis deskriptif (1) Pendidikan karakter dan kebiasaan belajar diklasifikasikan sangat baik (2) Prestasi belajar siswa diklasifikasikanbaik karena seluruh siswa memperoleh nilai di atas KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75. Hasil uji asumsi klasik Model regresi memenuhi asumsi normalitas tidak terjadi gejala multikolinearitas tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil uji hipotesis (1) Tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter dan kebiasaan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar (2)Tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar.Rasional ditolaknya hipotesis (1) Uji coba validitas instrumen dilakukan sebanyak 3 kali dan masih terdapat butir item yang tidak valid (2) Penyebaran angket pada responden kelas X dan XI dilakukan tanpa didampingi oleh guru mata pelajaran sehingga suasana tidak kondusif (3) Penyebaran angket pada responden kelas XII dilakukan di rumah masing-masing dan dimungkinkan dipengaruhi oleh keterbatasan waktu pengisian atau responden kurang memahami isi angket.Hasil dari nilai R Square sebesar 4 5% artinya dapat diketahui prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel pendidikan karater dan kebiasaan belajar. Sedangkan sebesar95 5% dipengaruhi oleh variabel lain seperti minat motivasi sikap dan konsep diri. Saran (1) Bagi Kepala Sekolahagar menghimbau kepada guru agar menyelipkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran (2) Bagi guru agar memberikan contoh sikap yang mencerminkan nilai-nilai karakter (3) Bagi orang tua agar lebih memberikan perhatian khusus terhadap kebiasaan belajar yang dimiliki anak (4) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti minat motivasi sikap dan konsep diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29084

Actions (login required)

View Item View Item