Pengembangan e-modul berbasis adobe indesign pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosasi (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran) / Nike Ardiansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis adobe indesign pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosasi (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran) / Nike Ardiansah

Ardiansah, Nike (2016) Pengembangan e-modul berbasis adobe indesign pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosasi (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran) / Nike Ardiansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansah Nike. 2016. Pengembangan E-modul Berbasis Adobe Indesign Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.M. (2) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci E-modul AdobeIndesign Otomatisasi Perkantoran Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan sangat penting terutama dalam pembuatan bahan ajar. Penggunaan bahan ajar bisa diberikan dalam bentuk elektronik. Terdapat aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bahan ajar elektronik yaitu Adobe Indesign. Konsep pembuatan e-modul melalui Adobe Indesign dapat dilengkapi dengan video suara dan latihan soal interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk e-modulyang layak untuk digunakan dalam proses pembelajarandan melihat efektivitas penggunaan e-modul pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran khususnya pada Kompetensi Dasar Mengoperasikan Microsoft Publisher. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari 4D dan Borg Gall yang dimodifikasi menjadi 5 tahap pengembangan yaitu 1) Identifikasi Awal 2) Rancangan Produk 3) Pengembangan Produk 4) Implementasi Produk 5) Produk Akhir. Penelitian dilakukan pada kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Validasi e-modul dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang masing-masing dilakukan sebanyak 3 kali serta diujicobakan kepada pengguna (siswa). Hasil validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan persentase 100% pada tahap ke-3 dengan kriteria sangat valid. Uji coba oleh pengguna dilakukan pada kelas eksperimen yang dibagi pada kelas kecil diperoleh kriteria cukup valid dan uji coba pada kelas besar diperoleh kriteria sangat valid. Dari implementasi produk diperoleh nilai post-test setelah menggunakan e-modul. Hasil belajar siswa menunjukkan efektivitas penggunaan e-modulyang diuji melalui uji-t dengan bantuan SPSS. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (X APK 2) adalah 81 31 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol (X APK1) adalah 76 64. Dari hasil validasi uji coba pengguna dan implementasi produk maka e-modul dikatakan layak untuk digunakan kegiatan pembelajaran pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran pada jurusan Administrasi Perkantoran. Saran kepada guru dan siswa dalam proses pembelajaran Otomatisasi Perkantoran e-modul digunakan pada laboratorium komputer agar siswa dapat langsung belajar secara interaktif. Saran kepada peneliti selanjutnya agar mengembangkan produk agar lebih mudah untuk dipelajari secara mandiri dengan bantuan perangkat yang dimiliki siswa misalnya smartphone atau tablet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29083

Actions (login required)

View Item View Item