Pengembangan modul kearsipan pada kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar) / Siska Yusnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kearsipan pada kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar) / Siska Yusnia

Yusnia, Siska (2016) Pengembangan modul kearsipan pada kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar) / Siska Yusnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusnia Siska. 2016. Pengembangan Modul Kearsipan Pada Kompetensi Dasar Mengimplementasikan Sistem Kearsipan Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. (2) Elfia Nora S.E M.Si. Kata Kunci Modul Metode Demonstrasi Mengimplementasikan Sistem Kearsipan. Penelitian Pengembangan ini didasari oleh proses belajar mengajar yang masih menggunakan metode ceramah dan kurangnya modul mata pelajaran kearsipan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa modul kearsipan pada kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan masih kurang dan hasil belajar siswa juga masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan model pembelajaran yang tidak bervariasi dan kurangnya modul kearsipan di sekolah. Pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan metode demonstrasi diharapkan dapat membuat siswa dapat lebih memahami materi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan modul kearsipan pada kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan untuk siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (2) mengetahui kelayakan modul kearsipan yang telah dikembangkan melalui hasil validasi (3) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar modul kearsipan dengan metode demonstrasi. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model ADDIE dengan 5 tahap penelitian yaitu analisis (analysis) desain (design) pengembangan (develop) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Validasi dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manajemen program studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul 1 orang guru mata pelajaran Kearsipan SMK Negeri 2 Blitar sebagai validaor ahli materi dan 37 siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Kearsipan pada kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan dengan menggunakan metode demonstrasi. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada keempat aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori sangat valid dengan hasil persentase rata-rata uji validasi 90%. Untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai post test pada kelas eksperimen (91 5) lebih tinggi dari kelas kontrol (80 5). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul kearsipan dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan secara efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item