Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah siswa kelas x di SMKN 3 Malang / ldiansyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah siswa kelas x di SMKN 3 Malang / ldiansyah</p>

Aldiansyah (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah siswa kelas x di SMKN 3 Malang / ldiansyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus SMK adalah mempersiapkan peserta didik agar siap dan mampu memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikannya. Persaingan dalam dunia kerja tersebut menuntuk peserta didik di SMK harus dibekali dengan hardskill dan softskill. Pembelajaran sejarah di SMK memiliki mindset yang berbeda dengan SMA pembelajaran di SMK lebih berfokus pada pembelajaran yang adaptif. Pembelajaran sejarah di SMK tidak hanya memberikan materi sejarah namun harus bisa untuk meningkatkan softskill. Sehingga dalam menyampaikan beberapa materi harus disesuaikan dengan program keahliannya. Dengan demikian diperlukan model pembelajaran yang tepat sesuai karakteristik SMK agar bisa meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Penulis mengguganakan model pembelajaran Problem Based Learning Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran problem based Learning terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X SMKN 3 Malang. Yang dilihat dari hasil pretest sebelum diberikan perlakuan berupa tes soal dan posttest setelah diberikan perlakuan berupa tes soal. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil uji eksperimen setelah dan sebelum diberikan perlakuan Penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan bentuk (pre-experimental design). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest-posttest. Dalam desain eksperimen ini hasil penelitian dapat diukur dengan pretest melalui soal yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan posttest melalui soal yang dilakukan setelah diberi perlakuan kemudian membandingkan hasil dari pretest dan posttest apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar yang berdasarkan hasik uji Paired Sample t Test yang memperoleh hasil Signifikan (sig.) sebesar 0.000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290764

Actions (login required)

View Item View Item