Pengembangan media pembelajaran sejarah dengan aplikasi pigafuning berbasis kodular untuk siswa kelas x smk negeri 3 malang / SHINTA IKKE NURIYA ARISTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah dengan aplikasi pigafuning berbasis kodular untuk siswa kelas x smk negeri 3 malang / SHINTA IKKE NURIYA ARISTI

Aristi, Shinta Ikke Nuriya Aristi (2023) Pengembangan media pembelajaran sejarah dengan aplikasi pigafuning berbasis kodular untuk siswa kelas x smk negeri 3 malang / SHINTA IKKE NURIYA ARISTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aristi Shinta Ikke Nuriya. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Dengan Aplikasi Pigafuning Berbasis Kodular Untuk Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Reza Hudiyanto S.S M.Hum. (II) Ronal Ridhoi S.Hum M.A. Kata Kunci media pembelajaran PIGAFUNING Materi Sejarah Media pembelajaran merupakan salah satu hal terpenting dalam kegiatan pembelajaran sejarah di SMK Negeri 3 Malang yang dinilai masih dapat dioptimalkan dengan pemanfaatan teknologi. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X Tata Kecantikan Kulit dan Rambut ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran masih hanya menggunakan power point sumber belajar yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran hanya melalui LKS di mana materi yang dimuat masih kurang lengkap sehingga pengajar sejarah masih menggunakan metode ceramah agar materi yang diterima peserta didik lebih lengkap. Hal ini membuat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah menjadi rendah. Maka dari itu diperlukan inovasi penggunaan media pembelajaran yang inovatif dengan pemanfaatan teknologi guna peningkatan mutu dalam proses pembelajaran sejarah untuk peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran sejarah dengan aplikasi pigafuning berbasis kodular untuk siswa kelas X Smk Negeri 3 Malang dan menguji validitas produk sehingga media pembelajaran PEGAFUNING layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah. Media pembelajaran menggunakan metode penelitian Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE. Produk ini dikembangkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang sudah memenuhi uji validitas dan uji kelayakan produk. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan Dosen Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas negeri Malang. Sedangkan uji kelayakan dilakukan pada peserta didik kelas X tata kecantikan kulit dan rambut SMK Negeri 3 Malang melalui angket kelayakan produk. Analisis kebutuhan dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa dan wawancara kepada guru sejarah saat peneliti melakukan observasi di SMK Negeri 3 Malang pada 24 Februari 2022. Penelitian ini menunjukan bahwa presentase kevalidan media pembelajaran sebesar 88 2% dan presentase kelayakan produk sebesar 78 5%. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran aplikasi PIGAFUNING layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah. Penggunaan media ini dianggap mampu untuk memberikan semangat belajar peserta didik dikarenakan media ini sudah terdapat materi dengan gambar dan video yang menarik serta dilengkapi kuis yang dibuat mudah dan simple untuk dipahami oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290762

Actions (login required)

View Item View Item