Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Juntantira Rakhmaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Juntantira Rakhmaningtyas

Rakhmaningtyas, Juntantira (2016) Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Juntantira Rakhmaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rakhmaningtyas Juntantira. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Moh. Arief M.Si (II) Dr. Ludiwishnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. Kata kunci berbasis masalah hasil belajar modul pembelajaran Penelitian pengembangan ini didasari oleh beberapa hal yaitu 1) terbatasnya bahan ajar untuk mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak 2) belum adanya bahan ajar yang dapat melatih siswa dalam berpikir kritis dan analisis sesuai dengan masalah di kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah 1) memperkaya bahan ajar siswa dengan menghasilkan modul ajar Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak yang sesuai dengan konsep pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang 2) untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui uji validasi dari ahli 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Research Development (R D) oleh Borg and Gall dalam Sugiyono (2013 409) melalui delapan langkah pengembangan hasil modifikasi yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 92 8% ahli modul sebesar 73 8% dan siswa sebagai uji kelompok kecil sebesar 89 3%. Dari hasil validasi gabungan sebesar 85 3% diketahui bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar. Selain itu modul hasil pengembangan juga dinyatakan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan modul dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan modul. Perbandingan tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 87 53 sedangkan kelas kontrol 73. Selain itu ditunjukkan dengan analisis uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung ttabel (3 487 2 045) dengan probabilitas 945 (0 002 0 05) maka Ho ditolak. Artinya adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini termasuk dalam kategori valid karena ada peningkatan hasil belajar. Saran pemanfaatan ketika menggunakan modul Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak berbasis masalah yaitu a) penggunaan modul Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak berbasis masalah sebaiknya didampingi oleh guru untuk menggunakan modul agar sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran b) siswa bisa menggunakan modul bersamaan dengan mengoperasikan komputer c) guru mengawasi prosedur pada tiap praktek yang dilakukan oleh siswa dengan panduan yang ada di modul d) siswa bisa memanfaatkan studi kasus pada modul untuk mengasah pemikiran kritis dan mandiri e) siswa dapat mengerjakan evaluasi dan tugas baik secara berkelompok maupun individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29075

Actions (login required)

View Item View Item