Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Negeri 1 Turen) / Wulan Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Negeri 1 Turen) / Wulan Widyastuti

Widyastuti, Wulan (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Negeri 1 Turen) / Wulan Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyastuti Wulan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si (2) Drs. H. Moh. Arief M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Media pembelajaran berbasis Adobe Flash merupakan media untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran Otomatisasi Perkantoran. Berdasarkan informasi dari guru Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Selain itu pada materi tertentu yang mengharuskan pembelajaran dengan menggunakan sambungan internet guru dan siswa masih mengalami kendala. Pada kenyataannya sambungan internet yang ada di ruang laboratorium komputer belum memadai. Banyak siswa yang kebingungan jika guru memberi tugas untuk segera dikerjakan. Banyak siswa yang belum memahami materi yang disampaikan karena guru tidak bisa memberikan contoh langsung di depan kelas. Untuk lebih memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan membangun pemahaman siswa penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Turen. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define design develop dan disseminate. Berdasarkan hasil validasi ahli materi ahli media dan pengguna dimana ahli materi menunjukkan persentase sebesar 96% ahli media menunjukkan persentase sebesar 90% dan pengguna 88% dimana jumlah tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran menguraikan dan mempraktikkan cara pengoperasian website memiliki kriteria sangat baik/valid/layak digunakan. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen pre test 13 post test 82 terjadi kenaikan 69%. Hasil belajar kelas kontrol pre test 20 post test 72 terdapat kenaikan 52%. Berdasarkan hal tesebut kenaikan kelas eksperimen lebih besar dari pada kenaikan kelas kontrol sebesar 17%. Angka kenaikan kelas eksperimen menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Flash efektif digunakan dengan tingkat efektifitas tinggi. Selama proses penelitian yang dilakukan di kelas X APK 1 dan APK2 banyak hal menarik yang ditemukan oleh peneliti terkait dengan pendapat siswa mengenai media pembelajaran yang diterapkan. Siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan bahan ajar yang bervariasi dan berharap untuk mata pelajaran yang lain juga diterapkan dalam media pembelajaran yang sama sehingga motivasi peserta didik meningkat dan pada akhirnya akan mempengaruhi nilai yang diperoleh oleh siswa. Saran kepada guru dan siswa khususnya sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash ini sebaiknya dipersiapkan perangkat komputer perangkat penunjang seperti LCD dan Proyektor serta pengeras suara jika diperlukan. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan seksama karena berpengaruh pada jalannya proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29073

Actions (login required)

View Item View Item