Tyas, Indriya Ayuning (2016) Penerapan media audio visual dan metode praktik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standart kompetensi menangani surat atau dokumen kantor (studi pada siswa SMK 3 PGRI 3 Blitar kelas X Administrasi Perkantoran) / Indriya Ayuning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tyas Indriya. 2016. Penerapan Media Audio Visual dan Metode Praktik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Standart Kompetensi Menangani Surat atau Dokumen Kantor (Studi pada Siswa SMK PGRI 3 Blitar Kelas X Administrasi Perkantoran). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto SM. M.Pd. M.M (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata kunci media audio visual metode praktik aktivitas belajar hasil belajar Penggunaan media dan metode dalam pembelajaran adalah hal yang sangat penting untuk membantu siswa dalam mengolah pesan pembelajaran. Pembelajaran yang menarik akan membuat siswa terlibat aktif. Berdasarkan observasi di SMK PGRI 3 Blitar sistem pembelajarannya masih berpusat pada guru atau konvensional. Hal ini membuat siswa pasif dan bosan karena selama pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan tanpa adanya aktivitas lain. Saat siswa merasa bosan karena aktivitas yang kurang perhatiannya menjadi tidak terfokus yang pada akhirnya hasil belajarnya akan menurun. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan suatu media dan metode pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah media audio visual dan metode praktik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi saat pembelajaran menggunakan media audio visual dan metode praktik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kelas X Administrasi Perkantoran. Pengumpulan data diperoleh dari hasil pos-test catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa simpulan berikut ini. Pertama media audio visual dan metode praktik dapat meningkatkan aktivitas siswa. Kedua media audio visual dan metode praktik dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun psikomotorik. Ketiga dalam penelitian ini memiliki beberapa kendala seperti siswa sangat pasif saat pembelajaran. Kendala dari media adalah suara yang dihasilkan media terlalu kecil. Ditengah-tengah pembelajaran layar LCD juga seringkali mati. Terbatasnya peralatan yang digunakan untuk praktik jadi siswa harus bergantian saat menggunakan peralatan. Berdasarkan analisis dan temuan penelitian disarankan pertama sekolah menambah fasilitas untuk praktik. Kedua guru memulai menggunakan media audio visual dan metode praktik sebagai variasi media/metode untuk mengoptimalkan pembelajaran. Ketiga siswa hendaknya berperan aktif saat pembelajaran di dalam kelas. Keempat bagi peneliti berikutnya semoga dapat dijadikan refrensi dan memperbaiki kendala-kendala yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |