Farida, Nurul (2016) Penerapan pembelajaran lolaborasi Problem Based Learning (PBL) dengan model demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengelola pertemuan/rapat (studi pada siswa kelas X APK SMK Negeri 2 Kediri) / Nurul Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farida Nurul. 2016. PenerapanPembelajaranKolaborasi Model Problem Based Learning (PBL) denganDemonstrasiuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswapadaStandarKompetensiMengelolaPertemuan/Rapat (StudipadaSiswaKelas X APK 3 SMK Negeri 2 Kediri TahunAjaran 2015/2016). Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. MadziatulChuriyah S.Pd. M.M (II) Elfia Nora S.E. M.Si. Kata Kunci Model PembelajaranKolaborasiProblem Based Learning (PBL) Aktivitas HasilBelajarSiswa Pendidikanadalahsuatu proses dalamrangkamempengaruhipesertadidiksupayamampumenyesuaikandirisebaikmungkindenganlingkungannya. Hasilobservasidanwawancaradengan guru kelas X APK 3 ditemukanbeberapatemuanyaitu a)nilaisiswacenderungpasifdanmerasajenuhpadasaatkegiatanpembelajaranberlangsung b) guru masihmenggunakanmetodeceramah c) nilaimasihdibawahKriteriaKetuntasan Minimum (KKM) danketuntasanklasikalhanya 59 46%. Salah satuupaya yang dilakukanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganpenerapanpembelajarankolaborasi model Problem Based Learning (PBL) denganDemonstrasi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui 1) bagaimana penerapan pembelajaran kolaborasi Problem Based Learning (PBL) dengan Demonstrasi pada mata pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat 2) bagaimana aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran kolaborasi Problem Based Learning (PBL) dengan Demonstrasi pada mata pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat 3) bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kolaborasi Problem Based Learning (PBL) dengan Demonstrasi pada mata pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatif. Pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanasiklusterdiridari 4 tahapyaitu (1) perencanaantindakan (2) pelaksanaantindakan (3) observasi (4) refleksi. Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas X AdministrasiPerkantoran 3 di SMK Negeri 2 Kediri. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakantestulisdiakhirsiklus nilaidari guru pedomanwawancara lembarobservasi catatanlapangan dandokumentasi. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa Model PembelajaranKolaborasiProblem Based Learning (PBL)denganDemonstrasidapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa. Hal iniditunjukkandenganadanyapeningkatanaktivitassiswasetiapsiklus yang semulasiklusI mendapatkanpersentasesebesar 72 36% dengankategori CukupBaik meningkatpadasiklus II sebesar 86 84% dengankategori Baik . Padahasilbelajaraspekkognitifdari guru 59 46% meningkatsetelahtindakanmenjadi 78 38% danmengalamikenaikansebesar 18 92% padasiklus I danmengalamikenaikansebesar 21 62% padasiklus II. Padahasilbelajaraspekafektifdarisiklus I sebesar 35 14% meningkatmenjadi 94 59% padasiklus II. Kemudianpadahasilbelajaraspekpsikomotoriksiklus I diperolehpersentasesebesar 70 27% danpadasiklus II meningkatmenjadi 91 89%. Berdasarkanhasilpenelitianini penelitimenyarankanbahwa (1) model pembelajarankolaborasi model Problem Based Learning (PBL) denganDemonstrasidapatdijadikanalternatifpilihandalampraktikpembelajaran di kelaskarenatidaksemuamateripelajarancocokdengan model pembelajaraninidan model inidapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa (2) bagisiswakelas X APK 3 SMK Negeri 2 Kediri hendaknyaperlumeningkatkankesiapanpadasaatdemonstrasi yang berupassimulasidanjugameningkatkankeaktifanpadasaatsimulasi agar suasana di dalamkelasmenjadilebihhidup (3) untukpenelitianberikutnya dapatdijadikanbahanrefleksiuntukmelakukanpenelitiantindakankelaslebihlanjutdengan setting kelas lokasi waktudansubyek yang berbedanamundengan model pembelajaran yang samasehinggakeajegandari model pembelajarankolaborasi model Problem Based Learning (PBL) denganDemonstrasidapatdibuktikansecaraempirisdanjugalebihmemperhatikanpenggunaanwaktu agar pembelajaranterlaksanadenganalokasiwaktu yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |