Pengembangan modul administrasi keuangan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Mirna Widya Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi keuangan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Mirna Widya Lestari

Lestari, Mirna Widya (2016) Pengembangan modul administrasi keuangan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Mirna Widya Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari MirnaWidya. 2016. PengembanganModulAdministrasiKeuanganBerba-sisGuided InquiryUntukMeningkatkanHasilBelajar(StudiPadaSiswaKelas XIAdministrasiPerkantoranSMKNegeri 1 Turen). Skripsi JurusanMa-najemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si (2) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci modulpembelajaran guided inquiry hasilbelajar. Penelitianpengembanganinidilatarbelakangiolehminimnyabahan ajar yang digunakanuntukmenunjang proses belajarmengajarpadamatapelajaranAdministra-siKeuangan di SMK Negeri 1 Turen. Sehingga siswamaupun guru pengajarmera-sakesulitanuntukmengaksesmateri-materi yang sesuaidengansilabus.Selainitu pembelajaranyang dilaksanakanmasihbersifatverbalisdanberpusatpada guruse-hinggabelumdapatmembantusiswauntuklebihberpikirsecarakritis.Selainitu kegia-tanbelajarsiswauntukmelatihbelajarsecaramandirimenjadiku-rang.Atasdasarpertimbangantersebut diperlukanpengembanganbahan ajar beru-pamodulmatapelajaranAdministrasiKeuangan. Tujuanpenelitianiniadalah(1) menghasilkanmodulpembelajaranberbasis-guided inquirypadamatapelajaranAdministrasiKeuangankelas XIdengansusunan yang sistematis komunikatif danmenarikbagisiswa (2) mengujikelayakanmodul-pembelajaranberbasisguided inquiryuntukdigunakansebagai media pembelajaran (3) mengujiefektivitaspenggunaanmoduldalamkegiatanpembelajaran.Rancangan model pengembangan yangdigunakandalampenelitianinidiadaptasidari model Borg Gall. Validasidilakukandengantigatahap yaitu (1) validasimodulolehsatu orang dosenjurusanmanajemen program studiadministrasiperkantoranUniversi-tasNegeri Malang (2) validasimateriolehsatu orang guru matapelajaranAdmini-strasiKeuangan SMK Negeri 1 Turen dan (3) validasipenggunaolehsepuluhsis-wakelas XI APK SMK Negeri 1 Turen. Produk yang dihasilkanberupamodulAdministrasiKeuanganberbasisguided inquiryuntukkelas XI AdministrasiPerkantoran. Sajiandananalisis data padapeneli-tianinidibagimenjadiempataspek yaitu(1) kelayakanisi (2) kelayakanpenyajian (3) kelayakanbahasa dan (4) kelayakankegrafi-kaan.Berdasarkanpenilaianpadakeempataspektersebutdiperoleh data bahwamodul yang dihasilkandalamkategorisangat valid/sangatlayakdigunakansebagai media pembelajaran.Ditinjaudariperbandingan rata-rata kenaikanhasilbelajar kelaseks-perimenlebihungguldibandingkelaskontrol yaitu67 83% dibanding46 47%. Ber-dasarkankriteriaefektivitaspenggunaanmodul dapatdisimpulkanbahwamodulpem-belajaran yang dihasilkanterbuktiefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswadanterma-sukdalamkategoritinggi. Saran untukpengembanganlebihlanjut baik guru maupunsekolah yang mempunyaikurikulumsamadisarankanmenggunakanmodulinikarenadapat-dimanfaatkansebagai media pembelajaranbaikdalam proses belajarmengajaratau-punindividuuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa. Penelitilainda-patmengembangkanmodulpadamateriataukompetensidasarkelas XII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29069

Actions (login required)

View Item View Item