Nisak, Irfa Ridha Khoirun (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisio (STAD) untuk meninbgkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 4 di SMKN 2 Kediri (studi pada standar kompetensi mengelola peretemuanrapat) / Irfa Ridha Khoirun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nisak Irfa R.K. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APK 4 di SMKN 2 Kediri (Studi pada Standar Kompetensi Mengelola Pertemuan/Rapat). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. (II) Dr. Wahju Wibowo A.Md. S.E. M.Si. Kata Kunci Student Teams Achievment Division (STAD) hasil belajar. Kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran Standar Kompetensi Mengelola Pertemuan/Rapat mengakibatkan siswa kelas X APK 4 di SMKN 2 Kediri rendah pengetahuannya tentang Standar Kompetensi tersebut sehingga hasil belajar yang diperoleh sangat rendah. Hal ini dikarenakan metode yang dipakai oleh guru Standar Kompetensi Mengelola Pertemuan/Rapat menggunakan konvensional. Oleh karena itu diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) guna memperbaiki proses pembelajaran kelas X APK 4 yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X APK 4 berjumlah 35 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif yakni reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh pada ranah kognitif setelah mengikuti post test siklus 1 adalah 85 71% dan meningkat pada siklus 2 sebesar 94 28% sedangkan pada ranah afektif siklus 1 diperoleh 80 00% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 94 28% dan hasil psikomotorik siswa diperoleh 85 71% pada siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 94 28%. Penerapan model juga berjalan baik yaitu kegiatan guru dan siswa meningkat pada setiap siklusnya. Ketepatan guru dalam menerapkan model pembelajaran STAD memperoleh persentase 94 60% di siklus 1 dan meningkat menjadi 99 10% di siklus 2 sedangkan aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu sebesar diperoleh 91 60% meningkat di siklus 2 menjadi 94 50%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 4 SMKN 2 Kediri pada Kompetensi Dasar Menyelenggarakan Pertemuan/Rapat. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran ini sebaik mungkin agar siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga mendapat hasil belajar yang memuaskan bagi siswa hendaknya belajar dengan mandiri melalui kerja sama kelompok untuk memahami materi dan mengerjakan tugas dari guru dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif ini pada SK yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |