Oktaviani, Dhiyah Ayu (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual dengan aplikasi movie maker pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor untuk meningkatkan hasil belajar (studi kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Dhiyah Ayu Ok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Oktaviani Dhiyah Ayu. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dengan Aplikasi Movie Maker Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si (2) Drs. H. Mohammad Arief M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Audio Visual Aplikasi Movie Maker dan Efektivitas Media Pembelajaran Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan aplikasi movie maker bertujuan untuk memberikan inovasi guru dalam melaksanakan pembelajaran Mengelola Peralatan Kantor. Berdasarkan informasi dari guru pengampu Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor bahwa kegiatan pembelajaran yang berlangsung hanya menggunakan metode ceramah dengan media papan tulis. Banyak siswa yang kurang memahami dan jenuh dengan pembelajaran yang monoton guru membutuhkan media pembelajaran agar kegiatan pembelajaran lebih menarik dan memacu semangat belajar siswa sehingga memahami materi secara tuntas dan hasil belajar yang unggul sesuai tujuan pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual yang menggunakan aplikasi movie maker pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugioyono yang terdiri dari 10 tahap pengembangan. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi dimana hasil validasi media memperoleh rata-rata persentase sebesar 82.5% dari kedua ahli media dan hasil validasi materi memperoleh persentase sebesar 83% dimana jumlah tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan aplikasi Movie Maker memiliki kriteria sangat baik/valid/layak digunakan. Hasil nilai rata-rata pada kelas yang menggunakan media pembelajaran yaitu sebesar 85 89 diperoleh dari jumlah nilai keseluruhan pada kelas X APK 1 kemudian dibagi dengan jumlah siswa. Sedangkan hasil nilai rata-rata pada kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran sebesar 81.48 yang diperoleh pada kelas X APK 2 kemudian dibagi dengan jumlah siswa. Kenaikan angka hasil nilai rata-rata pretest dan posttest kedua kelas tersebut diketahui bahwa efektivitas media pembelajaran berbasis audio visual dengan aplikasi Movie Maker dikategorikan Tinggi . Saran bagi para pengguna penggunaan media pembelajaran audio visual dengan bantuan perangkat LCD Projector dan sound sebaiknya perangkat tersebut dalam kondisi baik agar penayangan dapat maksimal. Hal tersebut harus diperhatikan sebab akan mempengaruhi perfoma media yang ditayangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |