Pengaruh kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian ADP di SMK Negeri 2 Blitar semester ganjil 2015/2016) / Retno Ruliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian ADP di SMK Negeri 2 Blitar semester ganjil 2015/2016) / Retno Ruliana

Ruliana, Retno (2016) Pengaruh kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian ADP di SMK Negeri 2 Blitar semester ganjil 2015/2016) / Retno Ruliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ruliana Retno. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar Kepercayaan Diri dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar Semester Ganjil 2015/2016). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M (II) Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata Kunci Kebiasaan Belajar Kepercayaan Diri Lingkungan Sekolah Prestasi Belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor- faktor yang berasal dari luar diri seseorang (ekstern) dan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang (intern). Setiap individu mempunyai faktor yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini ada tiga faktor yang diuji dan diduga mempengaruhi prestasi belajar siswa. variabel tersebut adalah kebiasaan belajar kepercayaan diri dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan variabel kebiasaan belajar kepercayaan diri lingkungan sekolah dan prestasi belajar (2) mengetahui apakah ada pengaruh kebiasaan belajar kepercayaan diri dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar Semester Ganjil 2015/2016 secara parsial maupun simultan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran dengan jumlah 148 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik proportional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 104 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner untuk memperoleh data tentang kebiasaan belajar kepercayaan diri dan lingkungan sekolah. Metode dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) kebiasaan belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (2) kepercayaan diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (3) lingkungan sekolah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (4) kebiasaan belajar kepercayaan diri dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Agar siswa mempunyai prestasi belajar yang memuaskan maka diharapkan siswa bisa menanamkan kebiasaan belajar secara teratur dan bersungguh-sungguh dalam belajar serta menjaga semangat belajar dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan meningkatkan kedisiplinan dengan mengikuti aturan di sekolah dengan baik. Pihak sekolah juga diharapkan dapat mendorong siswa untuk lebih giat dalam belajar dan mematuhi peraturan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29065

Actions (login required)

View Item View Item