Putri, Dwi Wahyu Anita (2016) Pengembangan modul mata pelajaran administrasi kepegawaian berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII APK 2 di SMK Negeri 1 Boyolangu) / Dwi Wahyu Anita Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Dwi Wahyu Anita. 2016. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XII APK 2 di SMK Negeri 1 Boyolangu). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti S Pd M.M. (2) Drs. Moh.Hari M.Si. Kata kunci modul guided Inquiry kemandirian belajar hasil belajar Penelitian pengembangan yang dilakukan oleh peneliti ini didasari atas terbatasnya bahan ajar pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian. Berdasarkan pengamatan awal di lapangan diketahui bahwa bahan ajar belum tersedia sehingga siswa menjadi kurang mandiri dalam belajar serta belum dapat mencapai hasil belajar secara maksimal. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah tidak tersedianya bahan ajar yang komunikatif sistematis dan menarik bagi siswa. Proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan strategi pembelajaran guided inquiry diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa sehingga siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya serta aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar berupa modul mata pelajaran Administrasi Kepegawaian berbasis guided inquiry untuk siswa SMK/MAK kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran 2) mengetahui kelayakan modul mata pelajaran Administrasi Kepegawaian berbasis guided inquiry yang telah dikembangkan melalui uji validasi dan uji coba modul pada kelompok kecil dan 3) mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan modul mata pelajaran Administrasi Kepegawaian berbasis guided inquiry dengan siswa yang tidak menggunakan modul tersebut. Rancangan penelitian ini merupakan hasil modifikasi dari model penelitian pengembangan Borg and Gall (dalam Sugiyono 2012 298) melalui sembilan langkah penelitian yaitu 1) analisis kebutuhan 2) penyusunan draft produk 3) uji ahli materi dan ahli modul 4) revisi draft produk 5) uji coba produk 6) revisi produk 7) uji pemakaian produk 8) penyempurnaan produk dan 9) pembuatan master produk. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang selaku ahli modul 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian SMK Negeri 1 Boyolangu selaku ahli materi dan 6 orang siswa kelas XII APK 3 selaku user (pengguna modul). Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi diketahui bahwa modul ini termasuk dalam kriteria sangat valid/sangat layak digunakan dengan persentase rata-rata validasi sebesar 90%. Dari aspek efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen yaitu sebesar 84 94 dan 77 50 serta perbedaan persentase rata-rata kemandirian belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen yaitu sebesar 82% dan 73%. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian dan siswa disarankan untuk menggunakan modul ini sebagai alternatif bahan ajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |