Implementasi kolaborasi model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) dan mind mapping dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK PGRI Turen kompetensi dasar cara pemecahan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kolaborasi model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) dan mind mapping dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK PGRI Turen kompetensi dasar cara pemecahan

Safitri, Nur Tiara Eka (2016) Implementasi kolaborasi model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) dan mind mapping dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK PGRI Turen kompetensi dasar cara pemecahan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safitri Nur Tiara Eka. 2016. Implementasi Kolaborasi Model Pembelajaran Predict Observe and Explain (POE) dan Mind Mapping Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi Jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci POE Mind Mapping Hasil Belajar Aktivitas Belajar Hasil belajar dapat dikatakan baik jika tujuan dalam proses pembelajaran sudah dapat tercapai. Selain itu dalam proses pembelajaran aktivitas belajar siswa juga mempengaruhi baik tidaknya hasil belajar siswa. Jika aktivitas siswa di dalam kelas membuat siswa mudah bosan akan berdampak pada daya serap siswa terhadap materi yang diberikan sehingga hasil belajar siswa bisa tidak baik dan begitu juga sebaliknya. Model pembelajaran POE memiliki ciri dengan beberapa tahapan atau aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa yaitu memprediksi percobaan/pengamatan dan menjelaskan. Sedangkan Mind Mapping akan membantu siswa dalam mengingat apa yang telah dipelajarinya dengan gambar yang menarik dan mudah diingat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan materi cara pemecahan masalah kearsipan dengan menerapkan model pembelajaran POE dan Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan dan dua kali pertemuan setiap siklus. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan mulai tanggal 5 13 Februari 2016 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X APK 1 sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II hasil belajar dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu untuk hasil belajar kognitif mengalami peningkatan pada ketuntasan belajardari 52.38% menjadi 100% Rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 74.64 menjadi 87.61 dengan kriteria sangat baik. Untuk hasil belajar afektif mengalami peningkatan dari 70.29 menjadi 92.83 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar psikomotorik mengalami peningkatan dari 69.62 menjadi 94.09 dengan kriteria sangat baik. Selain itu rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 9.52% menjadi 57.14% dengan kriteria sangat memuaskan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi penerapan model pembelajaran POE dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X APK 1 SMK PGRI Turen pada materi cara pemecahan masalah kearsipan pada mata pelajaran kearsipan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran yang diberikan peneliti adalah agar guru selalu mencoba model pembelajaran yang telah digunakan dalam pembelajaran kearsipan terutama pada materi-materi yang membutuhkan praktek. Selain itu guru juga harus sering menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa lebih bersemangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29060

Actions (login required)

View Item View Item