Pengembangan media pembelajaran e-module berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Rifatul Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-module berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Rifatul Khoiriyah

Khoiriyah, Rifatul (2016) Pengembangan media pembelajaran e-module berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Rifatul Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah Rifatul. 2016. Pengembangan Media PembelajaranE-Module Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata PelajaranOtomatisasiPerkantoran (StudiPadaSiswaKelas X AdministrasiPerkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. (2) Dr. WahjuWibowo A.Md S.E. M.Si. Kata kunci media pembelajaran e-module Adobe Flash CS6. Pembelajaran berbasis teknologi kini mulai berkembang di dunia pendidikan. Contohnya bahan ajar multimedia interaktif.Salah satu bentuk bahan ajar multimedia interaktif adalah e-module.Berdasarkanhasilwawancara dengan guru Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Dwi Lestyo Utami S.Pd di SMK Muhammadiyah 3 Singosari OtomatisasiPerkantoranmerupakanmatapelajaranbaru di Kurikulum 2013 sehinggaterjadiketerbatasanbahan ajar. Sekolahinibelumtersedia media pembelajaraninteraktif yang dapatmenuntunsiswauntukaktifdanbelajarmandiri.Proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran hanya menggunakan metode ceramah dan praktik dengan media pembelajaran PowerPoint. Guru juga biasanya tidak menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar namun hanya memberikan jobsheet kepada siswa dengan materi yang terbatas. Dari permasalahantersebut dibutuhkan media pembelajaran yang dapatdigunakansiswasebagaialatbantubelajar di kelasmaupun di luarkelas. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkan media pembelajarane-moduleberbasisAdobe Flash CS6danmengujitingkatkelayakan media pembelajaranpada Mata PelajaranOtomatisasiPerkantoran. Model Pengembangan yang digunakanadalah model pengembanganSugiyono. Adapunprosedurpengembanganiniadalah (1) potensidanmasalah (2) pengumpulan data (3) desainproduk (4) validasidesain (5) revisidesain (6) ujicobaproduk (7) revisiproduk (8) ujicobapemakaian (9) revisiproduk dan (10) produksimassal. Subjekujicobapadapenelitianiniadalahdosensebagaiahli media guru sebagaiahlimateri danSiswakelas X AdministrasiPerkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Hasildaripenelitianpengembanganiniadalah media pembelajarane-module berbasisAdobe Flash CS6 pada Mata PelajaranOtomatisasiPerkantoranuntuksiswakelas X AdministrasiPerkantoran. Berdasarkanhasilujikelayakandariahli media diperolehpersentasesebesar90 91% validasiahlimaterisebesar91 67% ujicobakelompokkecilsebesar85 42% danujicobakelompokbesarsebesar89 43%. Rata-rata persentase media pembelajaransecarakeseluruhanadalah89 36%. Berdasarkankriteriakelayakanmenurut Akbar danSriwiyana (2011 207) media pembelajarandapatdinyatakansangatlayakdandapatdigunakantanparevisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29059

Actions (login required)

View Item View Item