Pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan story-map terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada kajian seisme / Runing Fikriyah Asyarifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan story-map terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada kajian seisme / Runing Fikriyah Asyarifah

Asyarifah, Runing Fikriyah Asyarifah (2023) Pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan story-map terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada kajian seisme / Runing Fikriyah Asyarifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan fundanmental dalam pembelajaran abad 21 memiliki dampak terhadap pembelajaran geografi yang perlu diimbang dengan kemampuan siswa dalam berpikir spasial. Kemampuan ini merupakan kemampuan inti dalam geografi yang harus dimiliki siswa dalam proses dan hasil dari belajar geografi. Model pembelajaran berbasis inkuiri dengan bantuan story map sebagai alternatif cara untuk menstimulasi siswa agar memiliki kemampuan berpikir secara spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis inkuiri berbatuan story map terhadap kemampuan berpikir spasial khususnya dalam kajian seisme. Adapaun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan jenis kuasi eskperimen menggunakan desain posttest only control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test berupa posttest untuk mengukur kemampuan berpikir spasial siswa. Data posttest diperoleh dari 66 siswa kelas X SMAN 1 Genteng yang terbagi dalam kelas kontrol dan eskperimen. Data tersebut dianalisis menggunakan uji asumsi klasik regresi dan analisis hipotesis lanjutan menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dari penerapan pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan story map terhadap kemampuan berpikir spasial siswa sebesar 16 7 % yang dinilai dari R Square. Selain itu temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada setiap indikator kemampuan berpikir cukup beragam. Rata ndash rata paling tinggi pada kelas kontrol dan eksperimen yaitu indikator analogy dan transition. Sedangkan rata ndash rata terendah pada kedua kelas yaitu indikator comparison.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290578

Actions (login required)

View Item View Item