Differentiated instruction instrumen bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa sma / Siti Nur Farihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Differentiated instruction instrumen bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa sma / Siti Nur Farihah

Farihah, Siti Nur Farihah (2023) Differentiated instruction instrumen bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa sma / Siti Nur Farihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Revolusi 5.0 telah banyak membawa banyak perubahan teknologi yang cukup besar. Perkembangan ini perlu untuk diintegrasikan kedalam bidang pendidikan dalam framework TPACK (Technology Pedagogical Content Knowledge) yang saling terintegrasi antara ketiga komponen tersebut. Tujuan atas keberlaksanaan penelitian ini adalah mengembangan instrumen bahan ajar yang menerapkan differentiated instruction yang diintegrasikan kedalam liveworksheets. Adapun bahan yang digunakan pada intrumen ini adalah citra satelit dengan resolusi rendah hingga tinggi. Resolusi rendah menggunakan citra satelit modis resolusi menengah menggunakan citra satelit landsat 8 dan resolusi tinggi menggunakan bing aerial virtual map. Ketiga jenis citra satelit tersebut digunakan untuk membangun keterampilan spasial yang terdiri atas (1) Deliniasi objek pada citra satelit dengan resolusi rendah sedang dan tinggi (2) Membandingkan objek pada citra satelit dengan resolusi rendah sedang dan tinggi serta (3) Menginterpretasi citra satelit dengan resolusi rendah sedang dan tinggi. Metode penelitian ini adalah Research and Developent dengan model Borg and Gall. Tahapan terdiri dari tujuh langkah yang terdiri atas analisis kebutuhan (siswa kurikulum dan media) yang dilakukan melalui wawancara observasi dan studi literatur pengumpulan data desain validasi (bahasa materi dan desain) revisi dan uji coba kelompok kecil dan revisi. Hasil dari penelitian ini adalah workbook dalam platform liveworksheet. Uji efektivitas yang dilaksanakan pada bahan ajar ini menerapkan pretest-postest one group only menggunakan N-Gain Score dengan perolehan nilai 0 57 yang tergolong kedalam kategori cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa SMA dalam pembelajaran Geografi. Perolehan nilai dengan kategori cukup efektif ini menunjukkan bahwa keoptimalan bahan ajar ini bergantung pada keterampilan guru ketika mengajar. Adapun kelebihan dari bahan ajar ini adalah penggunaan citra satelit dengan tiga resolusi berbeda untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial pada mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290574

Actions (login required)

View Item View Item