Pengembangan media pembelajaran administrasi perkantoran berbasis blog pada kompetensi dasar perjalanan dinas pimpinan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Boyolangu ) / Achmad Andrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran administrasi perkantoran berbasis blog pada kompetensi dasar perjalanan dinas pimpinan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Boyolangu ) / Achmad Andrianto

Andrianto, Achmad (2016) Pengembangan media pembelajaran administrasi perkantoran berbasis blog pada kompetensi dasar perjalanan dinas pimpinan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Boyolangu ) / Achmad Andrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andrianto Achmad. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran Berbasis Blog Pada Kompetensi Dasar Perjalanan Dinas Pimpinan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa(Studi pada Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Boyolangu). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M (II) Drs. H. Moh. Arief M.Si Kata Kunci Media pembelajaran blog hasilbelajar Jenis penelitian iniadalahpenelitiandan pengembangan atau Research and Development (R D). Tujuan penelitian ini adalah untukmengembangkan media pembelajaran pada kompetensi dasar perjalanan dinas pimpinan berbentuk blog serta mengevaluasi hasil belajar siswa kelas XII Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Boyolangu.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil adaptasi dari model penelitian Sugiyono. Kemudian model penelitian Sugiyono dimodifikasi dengan disesuaikan berdasarkan kebutuhan penelitian keterbatasan waktu keterbatasan tenaga dan keterbatasan biaya. Berikut adalah langkah-langkah penelitian yang telah dimodifikasi 1) analisis kebutuhan awal (2) pengembangan produk awal (3) validasi ahli (4) revisi produk (5) uji coba pemakaian (6) revisi produk (7) produk akhir. Uji coba pemakaian dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XII Administrasi Perkantoran 2 dipilih sebagai kelas eksperimen sedangkan yang dijadikan kelas kontrol yaitu kelas XII Administrasi Perkantoran 4. Hasil review dari ahli materi ahli media dan subjek uji coba pemakaian menunjukan bahwa media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis blog pada kompetensi dasar perjalanan dinas pimpinan sudah valid dan layak untuk digunakan. Dataangket validasi ahli materi menunjukan sebesar 85% masuk dalam kreteria sangat valid. Hasil analisis angket validasi ahli media menunjukan sebesar 88% masuk dalam kriteria sangat valid. Data angket uji coba pemakaian menunjukan sebesar 89 88 % masuk dalam kriteria sangat valid. Data hasil uji coba pemakaianmenunjukkan bahwa siswa eksperimen mendapat hasil belajar yang lebih bagus dibandingkan dengansiswa kelas kontrol.Hasil rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 79 00 sedangkan hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 64 25. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli dan uji coba pemakaian serta implementasi mediadapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis blog pada kompetensi dasar perjalanan dinas pimpinan layak digunakan dalam proses pembelajaran kelas XII Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Boyolangu.Saran untuk pengembangan media lebih lanjut hendaknya media pembelajaran juga dikembangkan dalam bentuk offline sehingga siswa dapat menggunakan media pembelajaran tanpa terkoneksi dengan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29057

Actions (login required)

View Item View Item