Pengembangan buku digital bencana banjir lamongan berdasarkan geographical characteristics / Shinta Dea Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku digital bencana banjir lamongan berdasarkan geographical characteristics / Shinta Dea Anggraini

Anggraini, Shinta Dea Anggraini (2023) Pengembangan buku digital bencana banjir lamongan berdasarkan geographical characteristics / Shinta Dea Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan bencana banjir masih terjadi setiap tahunnya di Kabupaten Lamongan. Bencana banjir ini mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan kerusakan infrastruktur. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sukodadi Lamongan mendapatkan hasil bahwa belum terdapat bahan ajar yang spesifik mengenai pendidikan kebencanaan banjir di Kabupaten Lamongan di sekolah tersebut. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangan buku digital sebagai bahan ajar dapat digunakan dalam pendidikan kebencanaan di sekolah. Dengan demikian tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan menghasilkan buku digital bencana banjir Lamongan berdasarkan geographical characteristics yang layak untuk diterapkan sebagai bahan ajar kebencanaan banjir di Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development mengunakan model ADDIE (analyze design develop implement dan evaluate). Hasil penelitian menunjukan hasil penilaian validator dengan persentase 84% (valid) dan hasil penilaian validator bahan ajar dengan persentase 82% (valid). Hasil tanggapan siswa pada kelompok kecil rata-rata presentase sebesar 93% (sangat baik) dan kelompok besar rata-rata 99 7% (sangat baik). Nilai pretest siswa rata-rata 63 dan posttest siswa rata-rata 82 serta diperoleh skor N-Gain Score 0 56 (kelas menengah) persentasenya adalah 56% (cukup efektif) untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290568

Actions (login required)

View Item View Item