Pengembangan media pembelajaran komik ori berbasis qr code pada materi mitigasi bencana / Mia Audina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik ori berbasis qr code pada materi mitigasi bencana / Mia Audina

Audina, Mia Audina (2023) Pengembangan media pembelajaran komik ori berbasis qr code pada materi mitigasi bencana / Mia Audina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran di era digital memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memenuhi tuntutan global dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan salah satunya yaitu melalui penggunaan media pembelajaran sebagai alat untuk mentransfer pengetahuan dengan baik kepada peserta didik. Oleh karena itu diperlukan inovasi baru untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai tingkat kelayakan media komik ORI terhadap materi mitigasi bencana. Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model 4D adalah metode penelitian yang digunakan. Alat pengumpulan data meliputi lembar observasi lembar validasi angket uji coba soal tes pemahaman dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan teknik skoring dan presentase kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi ahli media ahli materi dan ahli bahasa secara berurutan menunjukkan skor rata-rata 90% 87 5% dan 90%. Sedangkan uji coba produk menunjukkan skor rata-rata secara keseluruhan sebesar 90 3%. Sesuai temuan uji validasi dan uji coba produk media Komik ORI terbukti dapat meningkatkan respon positif dan keaktifan peserta didik selama pembelajaran di kelas sehingga Komik ORI dinilai sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran geografi pada materi mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290565

Actions (login required)

View Item View Item