Pengaruh model Guided Inquiry berbantuan bahan ajar e-magazine terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi SMA / Selfiana Dhenti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Guided Inquiry berbantuan bahan ajar e-magazine terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi SMA / Selfiana Dhenti

Dhenti, Selfiana (2023) Pengaruh model Guided Inquiry berbantuan bahan ajar e-magazine terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi SMA / Selfiana Dhenti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelebihan Guided Inquiry dengan melibatkan siswa dalam penyelidikan pemecahan masalah menjadi faktor utama dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Pengaplikasian Guided Inquiry dapat disempurnakan dengan bantuan bahan ajar E-Magazine. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana Guided Inquiry berbantuan bahan ajar E-Magazine dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi SMA. Siswa Kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-G sebagai kelas kontrol dipilih menjadi subjek dalam penelitian ini dengan menggunakan desain eksperimental design type nonequivalent posttest only control group. Tes kemampuan berpikir kritis yang telah melewati uji validitas reliabilitas digunakan sebagai pengumpulan data dengan soal yang disusun sesuai dengan indikator berpikir kritis serta materi geografi. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dengan hasil signifikansi 0 000 lt 0 05 serta skor rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol sehinga dapat diartikan model Guided Inquiry berbantuan bahan ajar E-Magazine berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model Guided Inquiry direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena berpengaruh terhadap kemampuan bepikir kritis siswa. Penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh peneliti selanjutnya sebagai inovasi penelitian terkait model Guided inquiry dengan bantuan media maupun variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 03:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290558

Actions (login required)

View Item View Item