Sugiawati, Nureka (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash pada materi rekonsiliasi bank mata pelajaran administrasi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi kelas XII Administrasi Perkantoran di SMKN2 Blitar) / Nureka Sugiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sugiawati Nureka.2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Materi Rekonsiliasi Bank Mata Pelajaran Administrasi Keuangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si (II) Drs. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci media pembelajaran adobe flash rekonsiliasi bank hasil belajar Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa dengan adanya siswa yang memiliki tipe belajar yang berbeda menuntut guru untuk dapat memberikan pembelajaran efektif bagi siswanya. Pembelajaran yang efektif berkaitan erat dengan media pembelajaran yang digunakan guru dalam memberikan pelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi rekonsiliasi bank mata pelajaran Administrasi Keuangan masih tradisional. Hal ini menyebabkan siswa kurang dapat memahami materi yang diajarkan dan hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM. Media pembelajaran rekonsiliasi bank dikembangkan menggunakan software Adobe Flash CS5yang bersifat interaktif dan menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menghasilkan media pembelajaran rekonsiliasi bank dengan menggunakan Adobe Flash CS5 pada mata pelajaran Administrasi Keuangan siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Blitar. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan melalui uji validitas yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran di SMKN 2 BLITAR setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model Plomp 2007 melalui 3 tahapan penelitian yaitu penelitian awal tahap pengembangan prototipe dan tahap evaluasi. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 1 orang guru jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) sebagai ahli media dan 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Keuangan sebagai ahli materi. Sedangkan untuk kelas eksperimen digunakan kelas XII Administrasi Perkantoran 1 sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol kelas XII Administrasi Perkantoran 2 sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian berdasarkan penilaian oleh validator media diperoleh data bahwa media ini termasuk valid sedangkan berdasarkan penilaian validator materi media ini termasuk sangat valid. Efektivitas produk diperoleh dari data perbandingan hasil belajar siswa rata-rata hasil belajar siswa kelas yang tidak menggunakan media 77 92 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas dengan menggunakan media 87 57. Dengan demikian nampak bahwa penggunaan media pembelajaran rekonsiliasi bank berbasis Adobe Flash CS5 ini lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |