Aulia, Az-zahra Milladina (2023) Penguatan kemampuan berpikir spasial siswa melalui analisis spatio-temporal pada materi dinamika kependudukan / Az-Zahra Milladina Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada prakteknya pembelajaran geografi identik dengan kegiatan menghafal dan tidak kontekstual. Fakta ini bertolak belakang dengan konten geografi. Hal ini telah menjadi permasalahan yang turun temurun dalam pembelajaran geografi. Untuk membuat pembelajaran geografi yang menarik dan kontekstual dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berpikir spasial menggunakan pendekatan analisis spatio-temporal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Kemmis amp Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan soal esai untuk mengumpulkan data pra-siklus siklus I dan siklus II.. Teknik analisis data berupa deskriptif komparatif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikr spasial siswa dapat meningkat melalui analisis spatio-temporal pada materi dinamika kependudukan namun demikian hasil ini perlu disesuaikan dengan materi tekonologi serta fasilitas sekolah yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:45 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/290547 |
Actions (login required)
View Item |