Arrarona, Mc. Dohan Arrarona (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis siswa geografi sman 8 malang / Mc. Dohan Arrarona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model pembelajaran PBL menyediakan kondisi dimana didalamnya siswa dapat mengembangkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group yang dilaksanakan di SMAN 8 Malang dengan materi Amdal dan Pembangunan Berkelanjutan. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI IPS 1 (sebagai kelas kontrol) dan XI IPS 2 (sebagai kelas eksperimen). Jumlah total subjek penelitian adalah 71 siswa (kelas control 35 dan kelas eksperimen 36). Pengumpulan data penelitian dilaksanakan dengan test essay dan kuisioner. Hasil analisis data diolah menggunakan Uji Two Way Anova. Hasil simpulan penelitian ini ialah bahwasanya model pembelajaran Problem Based Learning mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/290545 |
Actions (login required)
View Item |