Penerapan model pembelajaran mind mapping berkolaborasi Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa X APK 4 di SMKN 2 Kediri / Ayu Noviasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping berkolaborasi Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa X APK 4 di SMKN 2 Kediri / Ayu Noviasari

Noviasari, Ayu (2016) Penerapan model pembelajaran mind mapping berkolaborasi Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa X APK 4 di SMKN 2 Kediri / Ayu Noviasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noviasari Ayu. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berkolaborasi Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wahju Wibowo A.Md. S.E. M.Si. (II) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Mind Mapping Student Facilitator and Explaining (SFAE) Hasil Belajar. Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bagi siswa X APK 4 SMKN 2 Kediri tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran. Secara khusus bertujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru selama mengajar memperbaiki kualitas pembelajaran membentuk karakter siswa menjadi lebih baik dan membuat siswa tertarik untuk belajar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dan observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa yang diamati melalui penilaian afektif. Prosedur penelitian dilakukan selama 2 siklus dimana 1 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Masing-masing siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi-evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran Mind Mapping berkolaborasi dengan SFAE mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode permainan sumpit. Hal ini dikarenakan siswa di setiap siklus menunjukkan adanya perubahan. 2) Hasil belajar siklus I untuk nilai rata-rata post-test adalah 80 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 26 siswa (74 29%) dan pada siklus II nilai rata-rata post-test adalah 85 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 31 siswa (93 94%) dengan perolehan nilai tertinggi mencapai angka 100 sebanyak 5 siswa. Nilai afektif siswa terdiri dari kehadiran siswa keaktifan siswa kejujuran siswa disiplin dan tanggung jawab siswa. 3) Nilai rata-rata afektif siswa pada siklus I mencapai 82 67 dengan predikat B (baik) dan meningkat menjadi 85 11 dengan predikat A (sangat baik). 4) Hasil penilaian pembuatan Mind Mapping pada siklus I rata-rata kelas adalah 77 dan meningkat pada siklus II menjadi 86. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Mind Mapping berkolaborasi dengan SFAE dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada kelas X APK 4 SMKN 2 Kediri. Proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan membuat siswa mudah memahami materi sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Saran terhadap penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran ini dengan sebaik mungkin agar siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif ini pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29054

Actions (login required)

View Item View Item