Purnomo, Helen (2023) Efektivitas model geographical inquiry learning terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari minat belajar siswa / Helen Purnomo</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir analitis siswa masih tergolong rendah karena pembelajaran masih berpusat pada guru terutama pembelajaran Geografi. Hal ini mengakibatkan kurang optimalnya cara berpikir pada diri siswa. Selain itu minat belajar siswa dapat berdampak pada pemikiran analitis. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model Geo-inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari minat belajar. Desain kelompok menggunakan posttest-only dan metode penelitian kuasi eksperimen digunakan dalam penelitian ini dengan menyertakan kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model Geographical Inquiry sedangkan kelas kontrol pembelajaran konvensional yang diberikan tiga kali pertemuan. Siswa kelas XI SMAN 1 Singosari dijadikan sebagai subjek penelitian. 54 siswa dengan kemampuan setara dijadikan sebagai sampel penelitian. Kuesioner dengan skala Likert dan tes uraian digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan analitis Hasil penelitian kemampuan analitis siswa menunjukan bahwa siswa dengan model Geographical inquiry berpengaruh signifikan dibandingkan pembelajaran konvensional. Jika dibandingkan dengan siswa yang minat belajarnya rendah siswa minat belajar tinggi akan berdampak pada perkembangan kemampuan berpikir analitis. Oleh karena itu model Geo-inquiry efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Temuan peneliti juga menunjukan bahwa keterampilan analitis siswa secara signifikan ditingkatkan oleh minat mereka dalam belajar. Sehingga pendekatan pembelajaran Geo-inquiry dapat dijadikan solusi yang efektif bagi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/290539 |
Actions (login required)
View Item |