Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia corel video studio pro X4 pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK2 di SMK PGRI 02 Malang) / Rahayu Dessy Pratiwi

Pratiwi, Rahayu Dessy (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia corel video studio pro X4 pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK2 di SMK PGRI 02 Malang) / Rahayu Dessy Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Rahayu Dessy. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Corel Video Studio Pro X4 pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi Pada Siswa Kelas X APK2 di SMK PGRI 02 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. H. Sutrisno, M.M (2) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Corel Video Studio Pro X4, Korespondensi Media pembelajaran merupakan komponen dalam pembelajaran karena berisi materi atau informasi yang akan disampaikan guru untuk siswanya. Media pembelajaran dapat dibuat dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Salah satu contoh media pembelajaran yang dapat dibuat dengan memanfaatkan fasilitas sekolah yaitu menggunakan softwareCorel Video Studio Pro X4. Softwaretersebut merupakan software pengolah video yang dapat menggabungkan teks, gambar, suara/audio, dan video menjadi satu komponenserta mudah dalam pengoperasiannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia Corel Video Studio Pro X4pada mata pelajaran Korespondensi kelas X APK2 di SMK PGRI 02 Malang. Produk media pembelajaran ini berupa CD (Compact Disc)yang dikemas ke dalam kotak yang dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan agar memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya. Penelitian ini menggunakan modifikasi modelpenelitian yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu 4-D (define, design, develop, and disseminate) dan model penelitian yang dikembangkan oleh Walter Dick&Lou Carey (1990) atau yang biasa dikenal dengan model Dick&Carey. Tahapan dari penelitian ini terdiri dari: (1) Define/ Pendefinisian (identifikasi tujuan pembelajaran); (identifikasi karakteristik siswa); (analisis tugas); (merumuskan tujuan kinerja), (2) Design/ Perancangan (mengonstruksi tes beracuan); (pemilihan media); (desain awal), (3) Develop/ Pengembangan (validasi ahli); (uji coba lapangan terbatas); (uji coba lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Angket diberikan kepada dua validator ahli materi, dua validator ahli media, dan siswa.Validasi ahli dilakukan sebanyak tiga kali yaitu produk awal, setelah uji coba lapangan terbatas, dan setelah uji coba lapangan. Hasil perhitungan total skor memperoleh nilai 88,4% dari ahli materi, 97,3% dari ahli media, 82,9% dari hasil uji coba lapangan terbatas, dan 84,7% dari hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Korepondensi. Saran untuk pengembangan lebih lanjut dalam mengembangkan produk yaitu menggunakan mata pelajaran dan kompetensi dasar yang berbeda, animasi dan background diperkaya sehingga berbeda dari produk sebelumnya yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29053

Actions (login required)

View Item View Item