Pengembangan media pembelajaran "monopoli pintar" pada standar kompetensi menggunakan peralatan kantor untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Cendekia Bangsa Kepanjen / Sevrika Ariningtya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran "monopoli pintar" pada standar kompetensi menggunakan peralatan kantor untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Cendekia Bangsa Kepanjen / Sevrika Ariningtya

Ariningtya, Sevrika (2016) Pengembangan media pembelajaran "monopoli pintar" pada standar kompetensi menggunakan peralatan kantor untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Cendekia Bangsa Kepanjen / Sevrika Ariningtya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariningtya Sevrika. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pintar pada Standar Kompetensi Menggunakan Peralatan Kantor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M (II) Drs. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Permainan dan Hasil Belajar Pengembangan media pembelajaran monopoli pintar ini ditujukan untuk guru dan siswa kelas X APK Bilingual di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Media ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa menganai penggunaan peralatan kantor dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK pada standar kompetensi Menggunakan Peralatan Kantor.Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian siswa yang duduk di kelas X masih memiliki minat belajar yang lemah. Hal itu dikarenakan media mengajar guru terlalu monoton. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa guru dapat menerapkan metode bermain sambil belajar. Dengan menggunakan teknik bermain menggunkan media pembelajaran monopoli pintar diharapkan dapat memacu minat dan semangat belajar siswa kelas X APK dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R D). Penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan dari sugiono tersebut dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Informasi (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Produk Akhir. Dari validasi media diperoleh presentase sebesar 98 09% dari ahli materi sebesar97 64% dan tanggapan dari siswa 91 11% yang termasuk kriteria sangat valid. Dari hasilnilaipre-testdanpost-testkelas X APK Reguler (kelaskontrol) dankelas X APK Bilingual (kelaseksperimen) dapatdiketahuibahwahasilbelajarsiswakelaseksperimen (X APK Bilingual) yang menggunakan media pembelajaranMonopoli Pintarlebihungguldibandingkandengankelaskontrol (X APK Reguler). Hal tersebutdapatdilihatdaripeningkatan rata-ratahasilbelajarpadakelaskontrolsebesar4 94yaitudari rata-rata nilaihasilbelajar yang semula 82 06 menjadi 87. Sedangkanuntukkelaseksperimen (X APK Bilingual) mengalamipeningkatanrata-rata hasilbelajarlebihtinggiyaitusebesar13 88dilihatdari rata-rata hasilbelajar yang semula80menjadi93 88. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwakelas yang menggunakan media mengalamipeningkatanhasilbelajar yang lebihtinggiyaitusebanyak 13 88sedangkankelas yang tidakmenggunakan media hanyamengalamipeningkatanhasilbelajarsebesar 4 94. Perbedaan peningkatan rata-rata nilai pre-test dan post-test menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli pintar berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29052

Actions (login required)

View Item View Item