Media pembelajaran video animasi berbasis savi sebagai media menarik pada materi seisme / Mohammad Yusril Abidin</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran video animasi berbasis savi sebagai media menarik pada materi seisme / Mohammad Yusril Abidin</p>

Abidin, Mohammad Yusril (2023) Media pembelajaran video animasi berbasis savi sebagai media menarik pada materi seisme / Mohammad Yusril Abidin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana bantu dalam menunjang pembelajaran untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Materi seisme memiliki keterbatasan untuk dijelaskan secara verbal maka butuh media video animasi untuk memvisualkan materi abstrak menjadi konkret. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran video animasi dengan menggunakan pendekatan SAVI pada materi seisme sebagai media pembelajaran yang layak dan mengetahui pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan video animasi menggunakan model penelitian ADDIE dan implementasi dengan desain pre-experimental pretest-posttest tipe one group. Hasil penelitian pengembangan yang didapatkan dari angket validasi ahli materi sebesar 88% dan ahli media sebesar 87 3%. hasil persentase angket tanggapan oleh guru mendapat nilai 97% dan hasil tanggapan siswa mendapat nilai 88%. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang dilakukan terjadi peningkatan nilai rata rata siswa dari 51.31 menjadi 83.77 uji normalitas yang dilakukan menunjukkan data yang diperoleh terdistribusi normal hasil uji t-tes yang dilakukan diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.000 lt 0.05 yang berarti terdapat signifikansi sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi. Berdasarkan uraian diatas media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan berpengaruh bagi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290500

Actions (login required)

View Item View Item