Suyani, Denik (2016) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Denik Suyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suyani Denik. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.M. (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Multimedia Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Otomatisasi Perkantoran Microsoft Publisher Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Salah satu dampak yang terlihat adalah adanya pergeseran praktik pembelajaran konvensional menuju pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan multimedia pada pembelajaran. Macromedia Flah 8 adalah salah satu aplikasi yang mendukung adanya multimedia pembelajaran interaktif yang di dalamnya terdapat audio visual dan video tutorial. Khususnya pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran yang membutuhkan pemahaman materi dan tutorial menjalankan microsoft publisher. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas penggunaan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Falsh 8 pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini merupakan modifikasi dari model R D dan 4D dengan tahap (1) identifikasi masalah (2) tahap perancangan media (3) tahap validasi ahli (4) tahap revisi berdasarkan validasi ahli (5) tahap uji kelompok kecil (6) tahap penyempurnaan produk (7) tahap uji kelompok besar dan (8) tahap produk akhir. Penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh hasil yang valid dalam pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. angket diberikan kepada ahli materi ahli media dan pengguna atau siswa. Multimedia pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh validator sebanyak tiga kali yaitu setelah produk awal setelah uji kelompok kecil dan setelah penerapan pada siswa secara menyeluruh (kelompok besar). Berikut adalah hasil yang diperoleh pada tahap terakhir validasi diantaranya validator ahli materi dan media sebesar 98 75% uji kelompok kecil sebesar 90% dan hasil penerapan menyeluruh sebesar 91%. Untuk mengetahui efektivitas pengunaan produk yang dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test yaitu rata-rata nilai pre-test sebesar 53 dan mengalami peningkatan pada rata-rata nilai post test sebesar 94. Dari hasil keduanya tersebut maka multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak dan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |