Studi komparasi model resource based learning dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis geografi sma / Armelia Tsalsa Pradina - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi model resource based learning dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis geografi sma / Armelia Tsalsa Pradina

Pradina, Armelia Tsalsa Pradina (2022) Studi komparasi model resource based learning dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis geografi sma / Armelia Tsalsa Pradina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis mampu diwujudkan dengan menggunakan model yang tepat salah satunya yaitu Model Resource Based Learning dan Problem Based Learning. Kemampuan Berpikir Kritis dianggap sangat penting terutama peserta didik dalam membantu menciptakan wawasan baru dalam mengatasi pemecahan masalah. Kedua model tersebut memiliki beberapa keunggulan salah satunya yaitu membimbing siswa dalam belajar mandiri dengan memanfaatkan sumber belajar sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis siswa dalam mata pelajaran geografi di SMA berbantuan model Resource Based Learning dan Problem Based Learning. Metode penelitian ini Quasi eksperimental dengan type posttest only control group design dengan menggunakan dua kelas yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 2 dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen 1 yang didasarkan pada teknik simple random sampling. Alat penelitian yang digunakan yaitu tes berbentuk soal essay yang terdiri dari 5 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t tidak berpasangan (Independent sample t-test) dan didapatkan skor 0 016 lebih minim daripada 0 05 yang membuktikan bahwa ditemukan perbedaan antara Model Resource Based Learning dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang. Kata kunci Resource based learning Problem based learning Kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290494

Actions (login required)

View Item View Item