Pengembangan modul mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XI SMK Negeri 1 Pasuruan) / Nia Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XI SMK Negeri 1 Pasuruan) / Nia Handayani

Handayani, Nia (2016) Pengembangan modul mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XI SMK Negeri 1 Pasuruan) / Nia Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Nia. 2016. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XI SMKN 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S M. M.M (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci Administrasi Sarana dan Prasarana Guided Inquiry Hasil Belajar. Penyempurnaan kurikulum pendidikan terus dilakukan untuk mewujudkan sistem pendidikan nasional yang kompetitif dan selalu relevan dengan perkembangan zaman yang senantiasa menjadi tuntutan. Penyempurnaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia di masa yang akan datang. Sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya Pemerintah meluncurkan Kurikulum 2013. Munculnya kurikulum baru ini mempersulit kerja guru dalam penyampaian materi karena banyaknya perubahan-perubahan yang terjadi pada mata pelajaran dan terbatasnya bahan ajar mata pelajaran khususnya Administrasi Sarana dan Prasarana. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar berupa Modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Guided Inquiry untuk siswa SMK kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi (3) mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan modul. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define design develop dan disseminate atau diadaptasikan menjadi 4P yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif di mana data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran oleh validator yang digunakan sebagai untuk perbaikan atau revisi modul. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian kelayakan modul oleh ahli modul ahli materi 6 subjek uji coba kelompok kecil dan 35 subjek uji coba lapang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan modul ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa dengan pemerolehan hasil rata-rata nilai post test 83 20 pada kelas eksperimen hal ini menunjukkan bahwa modul efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli modul mencapai 93 19% dan 95 48% hal ini menunjukkan modul Administrasi Sarana dan Prasarana sangat valid untuk digunakan. Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan selanjutnya antara lain (1) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan modul dalam penelitian tindakan kelas yang sesuai dengan guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan siswa (2) pemberian motivasi di dalam modul agar siswa lebih terpacu semangatnya untuk mempelajari modul serta mempertahankan keaktifan siswa dalam mempelajari modul dan (3) keterbukaan pihak sekolah dalam memberikan kritik dan saran yang dapat membangun guna penyempurnaan produk atau bahan ajar yang sesuai dengan kompetensi dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29048

Actions (login required)

View Item View Item