Pengaruh fasilitas belajar laboratorium komputer dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (studi pada kelas XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Septi Andika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas belajar laboratorium komputer dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (studi pada kelas XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Septi Andika Sari

Sari, Septi Andika (2016) Pengaruh fasilitas belajar laboratorium komputer dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (studi pada kelas XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Septi Andika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Septi Andika. 2016. Pengaruh Fasilitas Belajar Laboratorium Komputer Dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (Studi pada Kelas XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi. Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Wahju Wibowo A.Md. S.E.M.Si (2) Elfia Nora S.E. M.Si Kata kunci Fasilitas Belajar Laboratorium komputer Gaya Mengajar Guru Prestasi Fasilitas belajar adalah ketersediaan hal-hal yang dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Fasilitas belajar meliputi sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Laboratorium komputer merupakan salah satu fasilitas belajar yang hampir dibutuhkan disetiap sekolah. Laboratorium komputer berfungsi sebagai tempat praktek bagi siswa untuk menghasilkan sebuah produk. Kualitas dan kelengkapan sarana laboratorium turut menentukan guru dalam penyampaian materi pada saat proses pembelajaran yang biasa disebut dengan gaya mengajar guru. Gaya mengajar yang sesuai akan membantu siswa mengatasi kejenuhan pada saat mengikuti pembelajaran. Failitas belajar yang memadai dan gaya mengajar guru yang sesuai pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil yang akan dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar laboratorium komputer dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Variabel independen (bebas) pada penelitian ini adalah fasilitas belajar laboratorium komputer dan gaya mengajar guru (klasik teknologis personalisasi dan interaksioal) sedangkan variabel dependen (terikat) adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelational. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Gaya mengajar klasik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa gaya mengajar teknologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa gaya mengajar personalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan gaya mengajar interaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 615 yang artinya variabel fasilitas belajar laboratorium komputer dan gaya mengajar guru (klasik teknologis personalisasi dan interaksional) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) sebesar 61 5% terhadap prestasi belajar siswa sedangkan 38 5% disebabkan oleh faktor lain di luar variabel tersebut. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi pihak sekolah untuk memperbaiki peralatan fasilitas belajar laboratorium komputer seperti memperbaiki komputer yang rusak dan memperbaiki jaringan internet agar dapat terhubung ke komputer. Guru diharapkan dapat menerapkan gaya mengajar yang sesuai yang dapat membantu siswa mengatasi kebosanan selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29047

Actions (login required)

View Item View Item