Kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Iis - Repositori Universitas Negeri Malang

Kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Iis

Iis (2016) Kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Iis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iis. 2016. Kolaborasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agung Winarno M.M. (II) Dr. Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Kata Kunci Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) Model Pembelajaran Mind Mapping Hasil Belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Simgosaripada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi Humas dan Keprotokolan masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode dan model yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Materi mata pelajaran Humas dan Keprotokolan diberikan dengan menggunakan metode ceramah. Mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek psIkomotorik. Namun untuk mengoptimalkan aspek psikomotorik siswa terlebih dahulu harus memiliki tingkat pemahaman yang tinggi terhadap teori dan konsep materi pembelajaran. Alternatif cara yang dipilih peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi yaitu kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan Mind Mapping (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan Mind Mapping. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Pembelajaran Humas dan Keprotokolan terdiri dari 5 jam tatap muka setiap minggunnya dimana 1 jam pelajaran terdiri dari 45 menit. Subjek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 40 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa Penerapan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dengan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar pada tiap siklusnya. Pada ranah kognitif pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 75 menjadi 79 5 pada siklus II pada ranah afektif yang diukur dari beberapa indikator pada siklus I diperoleh nilai sebesar 65 95% dan meningkat menjadi 77 78% sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I diperoleh nilai sebesar 63 35 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 73 03%. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah (1)guru dapat menjadikan kolaborasi model pembelajaran ini sebagai alternatif untuk pilihan model pembelajaran (2) guru sebaiknya lebih memeperhatikan siswa-siswa khususnya siswa yang selalu ramai dan membuat gaduh dikelas dan (3) dalam penelitian selanjutnya diharapkan penerapan kolaborasi model pembelajaran CIRC dengan Mind Mapping dapat dilaksanakan dengan lokasi kelas waktu dan subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29044

Actions (login required)

View Item View Item