Penerapan typer shark untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Anggie Amalia Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan typer shark untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Anggie Amalia Ramadhani

Ramadhani, Anggie Amalia (2016) Penerapan typer shark untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Anggie Amalia Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Anggie Amalia. 2016. Penerapan Typer Shark untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 6 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M (II) Elfia Nora S.E M.Si. Kata Kunci Typer Shark Motivasi Belajar Hasil Belajar. SMK PGRI 6 Malang merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang memiliki program keahlian Administrasi Perkantoran.salah satu materi pembelajaran dasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam program keahlian ini adalah mengetik dengan teknik 10 jari. Untuk dapat menguasai teknik 10 jari dalam mengetrik dibutuhkan latihan secara rutin .setiap siswa pada program Administrasi Perkantoran harus memiliki motivasi yang tinggi dalam diri untuk giat berlatih mengetik 10 jari. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X APK memiliki permasalahan yaitu motivasi belajar yang relatif rendah pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran materi mengetik menggunakan Microsoft word. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa kelas X APK siswa memiliki pola pikir bahwa belajar dan berlatih mengetik itu membosankan sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu Typer Shark. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Penelitian dilakukan melalui dua siklus tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 35 siswa.pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi angket wawancara tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan Typer Shark pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran dan dapat diterima serta dipahami siswa dengan baik 2) penerapan Typer Shark dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang yaitu dari 73 88% pada siklus I menjadi 97 22% pada siklus II 3) penerapan Typer Shark dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang yaitu 78.33 dan 98.5 pada siklus I menjadi 96.2 dan 135.05 pada siklus II Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil kegiatan penelitian adalah 1) sebaiknya guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran memiliki inovasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran 2) siswa sebaiknya dapat lebih aktif bertanya dalam pembelajaran 3) sebaiknya siswa lebih meningkatkan intensitas berlatih mengetik 10 jari 4) sebaiknya siswa selalu menerapkan teknik mengetik 10 jari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29041

Actions (login required)

View Item View Item