Maulida, Winda Zarina (2016) Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2015/2016 / Winda Zarina Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maulida Winda Zarina. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Motivasi Belajar Kedisiplinan Belajar Hasil Belajar Siswa Motivasi belajar dan kedisiplinan belajar adalah dua faktor yang memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar demi menggapai tujuannya. Semakin kuat motivasi yang dimiliki siswa akan mendorong siswa belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat. Selain itu siswa yang menerapankan disiplin belajar yang tinggi akan dapat mendorong memotivasi dan menimbulkan rasa ingin bersaing siswa dengan temannya untuk meraih hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) Deskripsi motivasi belajar kedisiplinan belajar dan hasil belajar siswa (2) Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif korelational. Variabel bebas penelitian adalah motivasi belajar (X1) dan kedisiplinan belajar (X2) variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 101 siswa menggunakan proportional random sampling yang berjumlah 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 21 for Windows. Hasil dari penelitian ini (1) Motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi kedisiplinan belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi dan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa (3) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa (4) Motivasi belajar dan kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian diatas peneliti menyarankan bahwa (1) Guru lebih memberikan motivasi pada siswa supaya giat belajar secara rutin misalnya dengan memberikan siswa PR (2) Siswa harus memotivasi diri sendiri untuk bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran tidak menunda-nunda mengerjakan tugas yang diberikan guru lebih percaya dengan kemampuan diri sendiri dalam mengerjakan tugas dan membiasakan belajar secara rutin (3) Orang tua lebih mengarahkan mendukung dan mengontrol anaknya untuk belajar secara efektif dan efisien seperti membiasakan membaca lagi catatan pelajaran sepulang sekolah dan mengerjakan PR dirumah (4) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali lagi mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |