Pengembangan media pembelajaran mobile learning dengan aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar menerapkan ketentuan P3K pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 2 Kediri / Shela Meilinda Hanum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mobile learning dengan aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar menerapkan ketentuan P3K pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 2 Kediri / Shela Meilinda Hanum

Hanum, Shela Meilinda (2016) Pengembangan media pembelajaran mobile learning dengan aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar menerapkan ketentuan P3K pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 2 Kediri / Shela Meilinda Hanum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanum S. M. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menerapkan Ketentuan P3K pada Siswa Kelas X APK di SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M.M (2) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Mobile Learning Aplikasi Android Hasil Belajar Siswa Mobile learning merupakan media yang berbasis pada penggunaan perangkat mobile (mobile device) seperti PDA handphone notebook dan tablet PC pada proses pembelajaran. Pembelajaran mobile learning menggunakan aplikasi Android diterapkan di SMK Negeri 2 Kediri karena kepemilikan handphone dengan sistem operasi Android cukup tinggi dan fasilitas sekolah berupa tablet PC sejumlah 24 buah di perpustakaan dapat dimanfaatkan sebagai potensi adanya inovasi baru yang dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar dan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan media pembelajaran mobile learning berupa aplikasi Android yang mudah dipahami dan menarik minat siswa serta dapat diakses kapan pun dan dimana pun sehingga mampu membantu meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif pada mata pelajaran DKK (Dasar Kompetensi Kejuruan) SK Menerapkan Prosedur K3LH KD Menerapkan Ketentuan P3K kelas X APK di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan adaptasi model Borg Gall oleh Laila dengan delapan tahapan yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk dan (8) Produk Akhir. Sumber data diperoleh dari pengisian angket validasi ahli dan angket siswa uji coba serta hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil subjek penelitian dari dua kelas Administrasi Perkantoran yaitu kelas X APK 1 (kelas kontrol) dan X APK 2 (kelas eksperimen). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan perbandingan. Berdasarkan hasil angket validasi ahli materi 83 69% angket validasi ahli media 85 53% dan angket siswa 86 18% dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran mobile learning valid/layak untuk digunakan. Selain itu data hasil belajar diperoleh dari peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Pada kelas X APK 1 (kelas kontrol) terjadi peningkatan sebesar 7 68 poin dan kelas X APK 2 (kelas eksperimen) mengalami peningkatan sebesar 21 23 poin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan media mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran mobile learning berupa aplikasi Android materi KD Menerapkan ketentuan P3K secara efektif dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29039

Actions (login required)

View Item View Item