Pengembangan media pembelajaran Edmodo pada kompetensi dasar mendeskripsikan fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi untuk meningkatgkan hasil belajar siswa kelas X AP-4 di SMKN 2 Kota Blitar tahun pelajaran 2015-2016 / Retno Afianti

Afianti, Retno (2016) Pengembangan media pembelajaran Edmodo pada kompetensi dasar mendeskripsikan fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi untuk meningkatgkan hasil belajar siswa kelas X AP-4 di SMKN 2 Kota Blitar tahun pelajaran 2015-2016 / Retno Afianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afianti, Retno. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Edmodo pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Fungsi Pekerjaan Kantor dalam Organisasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP 4 di SMKN 2 Kota Blitar Tahun Pelajaran 2015-2016. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Mohammad Arief, M.Si (II) Drs. Mohammad Hari, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Learning, Edmodo, dan Hasil Belajar. Pengembangan media pembelajaran Edmodo ini ditujukan untuk guru dan siswa kelas X AP 4 di SMK N 2 Kota Blitar. Media ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Mendeskripsikan Fungsi Pekerjaan Kantor dalam Organisasi. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Dasar Kompetensi Keahlian dapat diketahui bahwa ada beberapa siswa yang kurang aktif mengerjakan tugas dan hasil belajar siswa masih kurang maksimal. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan diskusi didominasi oleh beberapa siswa yang pandai berbicara. Untuk lebih memudahkan siswa mengumpulkan tugas dan aktif berdiskusi, maka penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran Edmodo pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Keahlian untuk siswa kelas X AP 4 di SMK N 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam Bahasa Inggris disebut Research and Development. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Model ini terdiri dari 8 langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Dari hasil validasi ahli materi, ahli media, dan angket siswa diperoleh persentase sebesar 100%, 96,42%, dan 81%, dimana jumlah tersebut menunjukkan kriteria valid digunakan. Dari pretest dan posttest siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat diketahui bahwa rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 80,94 dan rata-rata nilai posttest sebesar 88,27 dengan gain score sebesar 7,33. Sedangkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 76,94 dan rata-rata nilai posttest sebesar 91,32 dengan gain score sebesar 14,38. Dari nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen tersebut dapat dilihat peningkatan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan rata-rata nilai siswa kelas kontrol. Perbedaan peningkatan rata-rata nilai ujian siswa ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Edmodo cukup berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29038

Actions (login required)

View Item View Item