Pengembangan media movie maker pada mata pelajaran kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang / Fika Dwi Rahmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media movie maker pada mata pelajaran kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang / Fika Dwi Rahmania

Rahmania, Fika Dwi (2016) Pengembangan media movie maker pada mata pelajaran kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang / Fika Dwi Rahmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmania Fika Dwi. 2016. Pengembangan Media Movie Maker Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Program Studi Adinistrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.M (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Media Movie Maker Kearsipan Pengembangan media pembelajaran Movie Maker merupakan media untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran Kearsipan. Berdasarkan informasi dari guru Mata Pelajaran Kearsipan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran masih kurang dan proses pembelajaran masih menggunakan papan tulis sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru kurang memanfaatkan fasilitas yang ada di dalam kelas. Selain itu pada materi tertentu siswa akan lebih memahami materi dengan melihat contoh secara nyata tidak hanya bersifat abstrak. Untuk lebih memudahkan guru dalam menyampikan materi dan membangun pemahaman siswa penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Movie Maker pada Mata Pelajaran Kearsipan Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk untuk menghasilkan produk media pembelajaran movie maker dalam kompetensi dasar Mengidentifikasi Alat dan Bahan Kearsipan serta Menjelaskan Pengurusan Surat Masuk dan Keluar untuk siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE yang digabungkan dan dimodifikasi dengan model pengembangan 4D sehingga di peroleh 7 tahap pengembangan yaitu 1) Menganalisis Karakteristik Siswa 2) Menetapkan Tujuan Pembelajaran 3) Tahap Perancangan 4) Tahap Pengembangan 5) Melibatkan Siswa dalam Proses Pembelajaran 6) Evaluasi dan Revisi 7) Produk Akhir. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi dimana ahli media menunjukkan bahwa persentase sebesar 100% dan ahli materi menunjukkan bahwa persentase sebesar 96 87% dimana jumlah tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran movie maker memiliki kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh siswa kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 82% di peroleh dari hasil skor empirik dibagi skor maksimal. Hasil validasi oleh siswa kelompok besar menunjukkan persentase sebesar 81 7% di peroleh dari hasil skor empirik dibagi skor maksimal. Saran kepada guru dan siswa khususnya sebelum menggunakan media movie maker sebaiknya dipersiapkan perangkat presentasi seperti LCD dan Proyektor serta pengeras suara jika diperlukan. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan seksama karena berpengaruh pada tampilan media yang ditayangkan. Perangkat presentasi yang baik akan menghasilkan tampilan yang baik namun sebaliknya jika perangkat yang digunakan dalam kondisi tidak baik maka tampilan yang ditayangkan juga tidak baik dan akan menimbulkan dampak kesalahpahaman dalam mengartikan tampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29037

Actions (login required)

View Item View Item