Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Ria Rikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Ria Rikawati

Rikawati, Ria (2016) Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Ria Rikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rikawati Ria. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (StudiPadakelas X AdministrasiPerkantoran SMKPGRI 2 Malang). Skripsi. Jurusan Manjemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasiti S.Sos M.si (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Aktivitas Hasil Belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK PGRI 2 Malang sebagian besar guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga menyebabkan kurangnya interaksi antara guru dengan siswa yang menjadikan siswa pasif dan pada saat diskusi atau presentasi siswa hanya menggantungkan pada perseorangan. Hal ini pula yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa banyak siswa yang belum memahami materi yang disampaikan guru karena siswa cenderung malu dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya. Dengan melihat permasalahan yang terjadi maka peneliti menerapkan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK di SMK PGRI 2 Malang yang terdiri dari 35 siswa. Penelitian dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada kelas X APK 1 di SMK PGRI 2 Malang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini diperoleh dari hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 82% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pre test siklus I adalah 74 05 dan nilai rata-rata post test siklus I adalah 88 38. Meningkat pada siklus II yaitu nilai pre test adalah 83 64 dan nilai rata-rata post test adalah 89 65. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran diharapkan untuk menggunakan model pembelajaran yang bervariasi (2) Bagi siswa dengan pembelajaran yang bervariasi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melalukan perbaikan dari kekurangan dalam penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29036

Actions (login required)

View Item View Item