Pengaruh efikasi diri (self efficacy) siswa dan sarana prasarana laboratorium terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran SMK PGRI Turen / Nur Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri (self efficacy) siswa dan sarana prasarana laboratorium terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran SMK PGRI Turen / Nur Faizah

Faizah, Nur (2016) Pengaruh efikasi diri (self efficacy) siswa dan sarana prasarana laboratorium terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran SMK PGRI Turen / Nur Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faizah Nur. 2016. Pengaruh Efikasi Diri dan Sarana Prasarana Laboratorium Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. Kata Kunci efikasi diri sarana prasarana laboratorium prestasi belajar siswa. Prestasi belajar merupakan suatu pencapaian proses pembelajaran yang dibuktikan dalam pengetahuan sikap dan keahlian dan diukur dengan menggunakan tes. Banyak faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar siswa diantaranya adalah faktor internal yaitu efikasi diri dan faktor eksternal yaitu sarana prasarana laboratorium. Efikasi diri siswa dapat menjadi rendah sehingga prestasi belajar siswa akan rendah. Sarana prasarana laboratorium yang merupakan faktor eksternal juga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan adanya sarana prasarana yang lengkap maka siswa dapat belajar dengan nyaman dan prestasi belajarnya akan menigkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui 1) deskripsi efikasi diri sarana prasarana laboratorium dan prestasi belajar siswa 2) pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa 3) pengaruh sarana prasarana laboratorium terhadap prestasi belajar siswa 4) pengaruh efikasi diri dan sarana prasarana laboratorium terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex-Post Facto dan analisis regresi berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efikasi diri (X1) dan sarana prasarana laboratorium (X2) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen yang terdiri dari 46 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan mengambil seluruh populasi sebagai sampel Hasil dari penelitian ini adalah 1) efikasi diri siswa tergolong baik sarana prasarana laboratorium tergolong cukup baik dan prestasi belajar siswa tergolong cukup baik 2) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan sebesar 32 4% terhadap prestasi belajar siswa 3) sarana prasarana laboratorium berpengaruh positif dan signifikan sebesar 32 4% terhadap prestasi belajar siswa 4) efikasi diri dan sarana prasarana laboratorium berpengaruh positif dan signifikan secara simultan sebesar 26 1% terhadap prestasi belajar siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK PGRI Turen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29035

Actions (login required)

View Item View Item