Dzadidah, Ridzatin (2016) Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatosasi Perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI Turen) / Ridzatin Dzadidahi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dzadidah Ridzatin. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M (II) Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata Kunci Motivasi Belajar Fasilitas Belajar Hasil Belajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruanuntuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan pengalaman yang berkompeten. Hasil belajar merupakan suatu cerminan dari keberhasilan dalam sebuah proses belajar. Dalam proses belajarnya siswa berusaha untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang berasal dari dalam diri siswa (intern) ataupun berasal dari luar diri siswa (ekstern). Salah satu faktor tersebut yaitu motivasi belajar (faktor intern) dan fasilitas belajar (faktor ekstern). Siswa dapat mencapai hasil yang maksimal jika mereka memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam belajar serta tersedianya fasilitas belajar yang lengkap dan mendukung proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi motivasi fasilitas dan hasil belajar pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen (2) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen (3) pengaruh fasilitas terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen (4) pengaruh motivasi dan fasilitas terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian dengan tujuan memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya hubungan antara masing-masing variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara dan dokumentasi. Untuk uji kelayakan digunakan uji validitas dan reliabilitas yang diolah melalui program IBM SPSS 21 for Windows. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan 55 item pernyataan untuk variabel motivasi dan fasilitas belajar dinyatakan valid dan reliabel. Tenik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik analisis regresi linear berganda uji hipotesis (uji-t dan uji-f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi fasilitas dan hasil belajar siswa kelas X APK pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI Turen tergolong baik (2) motivasibelajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelas X APK pada Mata PelajaranOtomatisasiPerkantoran di SMK PGRI Turen (3) fasilitasbelajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelas X APK pada Mata PelajaranOtomatisasiPerkantoran di SMK PGRI Turen (4) motivasibelajardanfasilitasbelajarsecarasimultanberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelas X APK pada Mata PelajaranOtomatisasiPerkantoran di SMK PGRI Turen. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) bagi pihak sekolah sebaiknya meningkatkan kuantitasdankualitasfasilitasbelajarserta memperbaiki saranadanprasarana yang mengalamikerusakan agar pembelajarandapatberjalanefektif (2) bagi guru untuk dapat menggunakanmetodebelajar yang lebihbervariatif agar kegiatanbelajarlebihmenyenangkandandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa (3) bagi siswa untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah dengan maksimal (4) bagi peneliti selenjutnya yang tertarik dengan penelitian ini sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi guru metodemengajar disiplin bakat minat lingkungandansebagainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |