Analisis pengelolaan dan penyimpanan kearsipan pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan / Safriya Nur Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengelolaan dan penyimpanan kearsipan pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan / Safriya Nur Agustin

Agustin, Safriya Nur (2016) Analisis pengelolaan dan penyimpanan kearsipan pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan / Safriya Nur Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Safriya Nur. 2016. Analisis Pengelolaan dan Penyimpanan Kearsipan pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. (II) Elfia Nora S.E M.Si. Kata Kunci Pengelolaan penyimpanan kearsipan Penyelenggaraan kearsipan secara baik dan benar selain aset suatu organisasi juga berguna sebagai bahan pengambil keputusan organisasi pemerintah maupun swasta karena dengan arsip atau dokumen yang teratur dan benar pengambil keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Terselenggaranya kearsipan secara baik dapat meminimalisir kesalahan manajemen yang akan diambil oleh organisasi pemerintah maupun swasta melalui tersedianya informasi yang tersaji dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sistem pengelolaan dan penyimpanan di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan (2) mengetahui sistem penemuan kembali arsip di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan (3) mengetahui kendala-kendala dalam pengelolaan dan penyimpanan arsip di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilakukan di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi partisipatif wawancara semi terstuktur dokumentasi dan tes kecepatan penemuan kembali arsip dan perhitungan angka kecermatan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa (1) azas penyimpanan arsip yang digunakan oleh Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan adalah azas desentralisasi (2) arsip yang disimpan di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan yakni berupa arsip aktif arsip inaktif dan arsip non kertas yang berupa foto (3) sistem penyimpanan arsip yang digunakan oleh Kantor Sekretariat DPRD Kabupeten Pasuruan adalah sistem nomor yang secara tidak langsung dikombinasikan dengan sistem subjek/masalah (4) fasilitas kearsipan yang digunakan adalah ordner folder snelhecter map filling cabinet rak arsip almari arsip box arsip brankas mesin fax mesin penghancur kertas porforator komputer dan buku agenda (5) peminjaman arsip dilakukan dengan cara langsung menyerahkan arsip kepada peminjam Penemuan kembali arsip menggunakan buku agenda dan komputer (6) Pemeliharaan dan perawatan arsip aktif dengan pemberian gorden pada rak penyimpanan arsip (7) tes kecepatan dan penemuan kembali arsip berada pada kategori sangat cepat dan angka kecermatan penemuan kembali arsip menunjukkan dalam penemuan kembali arsip sangat cermat (8) penyusutan arsip pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan dilakukan dengan cara pemindahan arsip yang sudah tidak muat lagi tersimpan di rak penyimpanan arsip aktif ke gudang penyimpanan arsip. Kegiatan pemusnahan tidak pernah dilakukan di Kantor Sekretariat DPRD sejak tahun 2003 hingga sekarang (9) kendala yang dihadapi adalah belum adanya arsiparis atau petugas khusus yang menangani dan ahli dalam bidang kearsipan dan ruangan atau gudang tempat penyimpanan arsip yang belum dimanfaatkan dengan baik sebagaimana fungsinya. Saran a) penggunaan kartu kendali dalam pengelolaan dan penyimpanan arsip b) proses peminjaman arsip sebaiknya disertakan dengan formulir peminjaman arsip c) diperlukan pelatihan khusus untuk pegawai yang menangani arsip tentang ilmu kearsipan pengelolaan dan penyimpanan arsip d) perlunya pembersihan pada gudang penyimpanan arsip atau pengadaan ruangan baru yang khusus untuk penyimpanan arsip e) Perawatan dan pemeliharaan arsip hendaknya dilakukan secra berkala guna menghindari kerusakan arsip f) Lebih menerapkan pedoman kearsipan yang tercantum dalam Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 14 Tahun 2008 tentang Tata Kearsipan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29033

Actions (login required)

View Item View Item