Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mengidentifikasi pangkat dan jabatan pegawai (untuk siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang) / Halida Diya Ayu Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mengidentifikasi pangkat dan jabatan pegawai (untuk siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang) / Halida Diya Ayu Ningrum

Ningrum, Halida Diya Ayu (2016) Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mengidentifikasi pangkat dan jabatan pegawai (untuk siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang) / Halida Diya Ayu Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningrum HalidaDiyaAyu. 2015. Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Pangkat dan jabatan Pegawai(Untuk Siswa Kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra.Wasiti S. Sos. M. Si. (2) Drs. I Nyoman Suputra M. Si. Kata Kunci modul guided inquiry mengidentifikasi pangkat dan jabatan pegawai hasil belajar. Modul merupakan sarana belajar yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar. Dengan terbatasnya siswa yang menggunakan modul saat proses pembelajaranAdministrasi Kepegawaian menyebabkan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sehingga untuk membantu proses pembelajaran siswa di kelas peneliti mengembangkan modul Administrasi Kepegawaian berbasis guided inquirypada kompetensi dasar Mengidentifikasi Pangkat dan Jabatan Pegawai yang dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran yang membuat siswa belajar mandiri serta membangun pengetahuannya sendiri untuk memahami konsep berpikir kritis dan analitis sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) merancang modul Administrasi Kepegawaiansesuai dengan model guided inquiry pada kompetensi dasar Mengidentifikasi Pangkat dan Jabatan Pegawaiuntuk siswa SMKN kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran yang dilengkapi dengan buku pegangan guru (2) Memvaliditasi modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi oleh ahli modul dan ahli materi sebelum dinyatakan untuk layak digunakan (valid) (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar modul Administrasi Kepegawaianberbasis guided inquirypada kompetensi dasar Mengidentifikasi Pangkat dan Jabatan Pegawaidengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar Administrasi Kepegawaianberbasis guided inquirypada kompetensi dasar Mengidentifikasi Pangkat dan Jabatan Pegawai. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan dkk. melalui empat langkah penelitian yaitu mendefinisikan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (desseminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian SMKN 1Malang sebagai validator ahli materi dan enam siswa kelas XI APK 1 SMKN 1 Malang sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaranAdministrasi Kepegawaiandengan menggunakan model guided inquiry yang dilengkapi dengan buku pegangan guru. Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini adalah Mengidentifikasi Pangkat dan Jabatan Pegawai. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian dari validator ahli dan validator user pada keempat aspek tersebut diperoleh rata-rata sebesar 85% yang berarti modul ini termasuk kategori valid dan layak digunakan. Ditinjau dari efektifitas produk berdasarkan data dari perhitungan uji t program SPSS perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 89 64 dengan 85 06 sehingga modul ini efektif digunakan.Oleh karena itu guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian disarankan menggunakan modul ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29031

Actions (login required)

View Item View Item